PENGEMBANGAN LKS BERORIENTASI HOTS BERBANTUAN EXELEARNING DAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.36780Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berorientasi HOTS dengan bantuan program eXeLearning dan GeoGebra yang valid, praktis, serta efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi perbandingan kelas VII. Prosedur pengembangan E-LKS berorientasi HOTS ini menerapkan langkah-langkah dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Uji coba terbatas dilakukan pada 25 siswa kelas VII H di SMP Negeri 1 Susut. Instrumen yang digunakan untuk menilai kualitas E-LKS yang dikembangkan adalah lembar penilaian LKS untuk menilai kevalidan, angket respon siswa untuk menilai kepraktisan, serta tes pemahaman konsep yang terdiri dari pretest dan post-test untuk menilai keefektifan. Kualitas E-LKS yang dikembangkan secara berturut-turut memperoleh skor rata-rata sebesar 4,47 dengan klasifikasi sangat baik sehingga dapat dinyatakan valid, rata-rata skor angket respon siswa sebesar 4,11 dengan klasifikasi baik sehingga dapat dinyatakan praktis, hasil analisis terhadap tes pemahaman konsep siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 80,22% yang memenuhi klasifikasi baik, sedangkan persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan dari 8,00% menjadi 82,76% dengan klasifikasi sangat baik sehingga dapat dinyatakan efektif.Downloads
Published
2022-05-13
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.