ETNOMATEMATIKA PADA BATIK KAWUNG SEBAGAI REFERENSI KONTEKS BARISAN DAN DERET ARITMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.36881Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika yang terdapat pada Batik Kawung Yogyakarta sebagai referensi bahan ajar matematika. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksploratif berupa menggali dan menemukan dengan melakukan penjajakan terhadap pola yang terdapat dalam Batik Kawung Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan etnografis, bertujuan mendapatkan deskripsi dan analisis mendalam tentang kebudayaan melalui kajian pustaka. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Batik Kawung Yogyakarta memiliki motif berbentuk aren dan kolang kaling, ini menunjukkan bahwa dalam Batik Kawung Yogyakarta terdapat unsur matematika yaitu pada motif yang membentuk pola barisan aritmatika dan deret aritmatika yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika terkhusus pada materi pola baris aritmatika dan deret aritmatika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.