PENGGUNAAN E-MODUL INTERAKTIF DALAM PERKULIAHAN DARING STRUKTUR ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.46901Abstract
Perkuliahan daring merupakan salah satu jawaban dari permasalahan di dunia pendidikan selama pandemi COVID-19. Untuk mendukung pelaksanaan perkuliahan daring agar berjalan baik, salah satu media yang dapat di manfaatkan adalah penggunaan e-modul interaktif. Penelitian ini bertujuanuntuk : (1) membuat e-modul interaktif yang memenuhi syarat valid sebagai bahan ajar dalam perkuliahan struktur aljabar, (2) mengetahui hasil belajar mahasiswa S1 Matematika setelah menggunakan e-modul interaktif pada mata kuliah struktur aljabar, dan (3) mengetahui respon mahasiswa S1 Matematika terhadap e-moduli interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah one shot case study. Dalam penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut : (1) bahan ajar berupa e-modul interaktif untuk mata kuliah struktur aljabar, (2) hasil belajar mahasiswa yang menggunakan e-modul interaktif dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 93,75%, (3) respon mahasiswa terhadap penggunaan e-modul interaktif pada proses pembelajaran juga masuk pada kategori baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.