ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SECARA DARING di MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.46913Abstract
Adanya kasus pandemic covid-19 mendesak pemerintah untuk merubah sistem pendidikan yang awalnya tatap muka menjadi tatap maya yang lebih dikenal dengan pembelajaran daring. Terlihat selama proses pembelajaran daring, motivasi belajar siswa menurun, terutama pada pembelajaran matematika. Penurunan motivasi belajar siswa ini juga terjadi di kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Bantul, Yogyakarta. Setelah dilakukan penyebaran angket motivasi belajar kepada siswa, kemudian dilakukan anaisis data,diperoleh skor rata-rata motivasi belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Bantul berada pada kategori sedang. Dari 32 siswa di kelas, terdapat 2 siswa dalam kategori sangat tinggi, 11 siswa dengan tingkat motivasi tinggi, dan 19 siswa dengan tingkat motivasi sedang. Tingkat motivasi belajar siswa dalam kategori sedang ini, terlihat dari terlihat dari kurangnya motivasi siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru selama pembelajaran daring. Selain itu pula, selama pembelajaran daring siswa cenderung tidak mau berusaha untuk menggali sendiri informasi terkait materi pembelajaran dan lebih suka menunggu materi dari guru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.