Klenteng Kwang Sing Bio: Di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Sejarah, Struktur dan Fungsi serta Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA)

Authors

  • Thobiatul Husna .
  • Prof. Dr. Nengah Bawa Atmadja, M.A. .
  • Dr. Tuty Maryati,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v8i1.12553

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Sejarah berdirinya Klenteng Kwang Sing BioTuban (2) stuktur dan fungsi dari bangunan Klenteng Kwang Sing Bio,(3)aspek-aspek yang dapat digunakan dari bangunan Klenteng Kwang Sing Bio sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tahap-tahap: (1)lokasi penelitian di Klenteng Kwang Sing Bio di kelurahan karangsari, kecamatan Tuban, kabupaten Tuban,Jawa Timur (2)Metode penentuan informan menggunakan Purposive Sampling, dikembangkan dengan Snow Ball (3)Metode pengumpulan datamelaluiobservasi, wawancara, dan studi pustaka (4)validasi data menggunkan trianggulasi data dan trianggulasi metode),(5)analisis data menggunakan analisis interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,(1)sejarah pendirian Klenteng kwang sing bio ini dimulai dari periode awal pada tahun 1742-1970 dan mengalami pengembangan bangunan dari periode tahun 1970 hingga-sekarang(2)Struktur klenteng Kwang Sing Bioterdiri dari beberapa bagian, yaitu bangunan utama, bangunan tengah, bangunan barat, dan bangunan belakang,klenteng Kwang Sing Bio memiiliki 5 fungsi yaitu fungsi religi, sosia, ekonomi, destinasi wisata dan pendidikan(3)Klenteng Kwang Sing Bioberpotensi sebagai sumber belajar sejarah di SMA di kelas X dan XI berdasarkan kurikulum 2013, adapun aspek-aspek yang dapat digunakan yaitu: aspek sejarah, aspek bangunan, dan aspek kerukunan antar umat beragama.
Kata Kunci : klenteng, struktur, fungsi, sumber belajar

The purpose of this research is to know (1) History of Kwang Sing Bio Tuban stand (2) structure and function of Kwang Sing Bio temple building, (3) aspects that can be used from Klagenese Kwang Sing Bio building as a source of history learning in SMA . This research used qualitative approach, with stages: (1) research location at Klenteng Kwang Sing Bio in Karangsari village, Tuban sub-district, Tuban district, East Java (2) Informant determination method using Purposive Sampling, developed with Snow Ball (3) ) Data collection method through observation, interview, and literature study (4) data validation using triangulation data and triangulation method), (5) data analysis using interaction analysis. The result of the research shows that (1) the history of the establishment of Klagoeng kwang sing bio started from the early period in 1742-1970 and experienced the development of the building from the period of 1970 to the present (2) The structure of Kwang Sing Bio temple consists of several parts, The main building, the central building, the western building, and the rear building, the Kwang Sing Bio temple has 5 functions, namely religious function, socio-economic, tourism and education destination (3) Kwang Sing Bio Klenteng has the potential to learn history in high school in class X and XI Based on the curriculum 2013, as for the aspects that can be used are: aspects of history, aspects of the building, and aspects of harmony between religious communities.
keyword : pagoda, structure, function, learning resource

Published

2020-04-12

How to Cite

., T. H., ., P. D. N. B. A. M., & ., D. T. M. (2020). Klenteng Kwang Sing Bio: Di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Sejarah, Struktur dan Fungsi serta Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA). Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(1). https://doi.org/10.23887/jjps.v8i1.12553

Issue

Section

Articles