PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X-1 SEMESTER GENAP DI SMAN 1 SUKASADA, BULELENG, BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjps.v4i2.3620Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Rancang bangun multimedia intaraktif dan (2) Keefektifan penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X1 di SMA N 1 Sukasada. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Sejarah layak sesuai dengan karakteristik siswa kelas X1 di SMAN 1 Sukasada. Kualitas media pembelajaran multimedia interaktif yang dikembangkan adalah sangat baik. Hasil validasi data menunjukkan tingkat pencapaian media pembelajaran multimedia interaktif ini adalah (1) ahli isi mata pelajaran yaitu dengan tingkat pencapaian dalam kategori sangat baik (96,6%), (2) ahli desain pembelajaran dengan tingkat pencapaian dalam kategori baik (83,3%), (3) ahli media pembelajaran dengan tingkat pencapaian dalam kategori baik (85,7%), (4) uji coba perorangan dengan tingkat pencapaian dalam kategori sangat baik (91,9%), (5) uji coba kelompok kecil dengan tingkat pencapaian dalam kategori sangat baik (90,1%), dan (6) uji lapangan dengan tingkat pencapaian dalam kategori sangat baik (93,1%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran multimedia interaktif dapat digunakan di SMAN 1 Sukasada kelas X1 semester II. (2) Terdapat peningkatan secara signifikan motivasi belajar sejarah sesudah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif (thitung = 3,179 > ttabel = 1,725).Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Peningkatan, Motivasi Belajar, Sejarah
This study aimed to (1) design of interactive multimedia, and (2) The effectiveness of the use of interactive multimedia to enhance the motivation history learn students class X1 at SMA N 1 Sukasada. The research model used in this research is the model of development research ADDIE which includes Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The results of this study indicate (1) Media learning Interactive multimedia on subjects history worth according to characteristics of students the class X1 in SMAN 1 Sukasada. The quality of learning media interactive multimedia are developed is a very well. Data validation results indicate the level of achievement of interactive multimedia This is are (1) expert of learning materials with the level of achievement in the excellent category (96.6%), (2) instructional design experts with the level of achievement in both categories (83.3 %), (3) instructional media expert with the level of achievement in both categories (85.7%), (4) individual test with a level of achievement in the excellent category (91.9%), (5) small group trials with the level of achievement in the excellent category (90.1%), and (6) field test with the level of achievement in the excellent category (93,1%). Based on results these we can conclude learning media interactive multimedia can be used in SMAN 1 Sukasada second semester class X1 (2) There was a significant increase motivation to learn history after applying learning using interactive multimedia (t arithmetic = 3.179> t table = 1.725).
keyword : Development, Learning Media, Interactive Multimedia, Improvement, Motivation, History
Downloads
Published
2016-08-12
How to Cite
., I. W. B., ., D. I. K. M. M., & ., I. K. S. M. (2016). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X-1 SEMESTER GENAP DI SMAN 1 SUKASADA, BULELENG, BALI. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2). https://doi.org/10.23887/jjps.v4i2.3620
Issue
Section
Articles