Perkembangan pendidikan di Batavia pada masa Kolonialisme tahun 1901-1942

Authors

  • muhammad zaqi alzamani FKIP UHAMKA

Keywords:

pendidikan1, politik etis2, Batavia3.

Abstract

artikel ini membahas tentang perkembangan pendidikan di batavia pada masa etis yaitu awal abad ke 20 dari 1901-1942 di mana pendidikan waktu pada itu sedang mengalami perkembangan dengan berdirinya sekolah-sekolah buatan belanda, dan pada artikel ini penulis mencoba mejabarkan berbagai perkembangan di Batavia yaitu pada faktor pendidikan

Author Biography

muhammad zaqi alzamani, FKIP UHAMKA

mahasiswa pendidikan sejarah UHAMKA

References

Abbas, I. (2014). Memahami Metodologi Sejarah Antara Teori dan Praktek *). Jurnal ETNOHISTORI, 1(1), 23–41. http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/848669

Affandi, A. (2016). Dasar-dasar pendidikan (Muslihudin (ed.)). CV. Elsi Pro.

Athoillah, A. (2019). Pembentukan Identitas Sosial Komunitas Hadhrami di Batavia Abad XVIII-XX. Lembaran Sejarah, 14(2), 150. https://doi.org/10.22146/lembaran-sejarah.45437

Brugmans, & Johannes, I. (1938). Geschiedenis van het onderwijs in Nederlandsch-Indië. JB Wolters.

Dahlan, Z. (2020). RESPONS MUHAMMADIYAH DI INDONESIA TERHADAP ORDONANSI GURU AWAL ABAD XX. Journal of Islamic Social Sciences, 1(1), 26–48.

E. ENSERING. (1987). DE TRADITIONELE EN HEDENDAAGSE ROL VAN LOKALE RELIGIEUZE LEIDERS IN DE PREANGER, WEST-JAVA. Bijdragen Tot de Taal-, Land- En Volkenkunde Is Focused in Particular on the Linguistics, Anthropology, and History of Southeast Asia, and More Specifically of Indonesia., 267–292. https://www.jstor.org/stable/27863840?seq=1#metadata_info_tab_contents

Fazlurrachman. (2020). Peran dan Ketokohan KH Abdullah Syafii dalam Dakwah dan Pendidikan Islam 19101985. UIN SMH BANTEN.

Fuad Raya, K. (2018). SEJARAH ORIENTASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (DARI MASA KOLONIAL HINGGA ORDE BARU). Jurnal Pendidikan Islam, 8.2, 2581–0065. http://www.ejournal.iaidalwa.ac.id/index.php/jpi/article/view/202

Hamidah. (2010). GERAKAN PETANI BANTEN: STUDI TENTANG KONFIGURASI SUFISME AWAL ABAD XIX. Studi Keislaman, 14.2, 323–240.

Herman, D. (2013). SEJARAH PESANTREN DI INDONESIA. Renika Cipta, 6(2), 145–158.

Istikomah. (2017). PELAKSANAAN IBADAH HAJI ABAD KE 19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERLAWANAN RAKYAT KEPADA KOLONIALISME BELANDA. Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan, 5.2. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/tamaddun/article/view/2105/1360

Jayadi. (2008). PEMIKIRAN DAN AKTIFITAS DAKW AH HABIB ABDUL RAHMAN AL-HABSYI DI ISLAMIC. Universtias islam negri syarifhidayatullah jakarta.

Kaars Sijpesteijn, J. H. (2012). Groei en stagnatie van het confessioneel onderwijs in Nederlands-Indië 1848-1940.

Latief, J. abdul. (2006). Manusia filsafat dan sejarah (1st ed.). Bumi Aksara.

Miftahudin. (2020). Metodologi penelitian sejarah lokal. UNY Press.

MIZWAR, D. (2019). DAMPAK KEBIJAKAN POLITIK ETHIS TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN RAKYAT PALEMBANG TAHUN 1900-1942 (SEBAGAI SUMBANGAN MATERI SEJARAH DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG) [UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG]. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Muhammad Fakhriansyah, & Intan Ranti Permatasari Patoni. (2019). Akses Pendidikan bagi Pribumi pada Periode Etis (1901-1930). Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 122–147. https://doi.org/10.21009/jps.082.03

Nurhasan, H. (2015). Orang arab betawi di jaman kolonial belanda abad ke-19.

Rahmah, N. (2018). Khazanah Intelektual Ulama Betawi Abad ke-19 dan ke-20 M. Jurnal Lektur Keagamaan, 16(2), 195–226. https://doi.org/10.31291/jlk.v16i2.564

Rijal, S. (2017). Internal dynamics within hadhrami arabs in Indonesia: From social hierarchy to Islamic doctrine. Journal of Indonesian Islam, 11(1), 1–28. https://doi.org/10.15642/JIIS.2017.11.1.1-28

Ryandono, M. N. H. (2018). Peran Pondok Pesantren dalam Pemberdayaan Sosial Ekonomi di Jawa Timur pada Abad ke-20. Mozaik Humaniora, 18(2), 189–204.

Setiawan, F. (2014). Kebijakan Pendidikan Muhammadiyah Terhadap Ordonansi Guru. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 47–70. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.47-70

Sihab, alwi. (1998). Membendung arus : respons gerakan Muhammadiyah terhadap penetrasi misi Kristen di Indonesia. Mizan digital publishing. https://catalogue.nla.gov.au/Record/1431848

Sjamsudin, H. (2007). Metodologi sejarah (1st ed.). Penerbit pmbak.

Syarif, M. (2019). POLITIK ETIS PEMERINTAH KOLONIAL HINDIA BELANDA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PESANTREN. Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan, 5(1), 109–131.

Tirolian. (2016a). Kolonialisme dan Dikotomi Pendidikan Islam di Indonesia. State Islamic University of North Sumatra, 264–275.

Tirolian. (2016b). Kolonialisme dan Dikotomi Pendidikan Islam di Indonesia. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arabhya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 2.2, 264–275.

Untung, S. (2013). Kebijakan Penguasa Kolonial Belanda Terhadap Pendidikan Pesantren. Edukasia Islamika, 11(1). https://www.neliti.com/publications/89841/kebijakan-penguasa-kolonial-belanda-terhadap-pendidikan-pesantren

Utami, P. N. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut KI.Hajar Dewantara. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN SALATIGA, 1–95.

van Ufford, J. (1885). Geschriften over Nieuw-Guinea, inzonderheid: Kolonel Haga, Nederlandsch Nieuw-Guinea en de papoesche eilanden, en W. F. versteeg, Nieuw-Guinea, in ’t bijzonder Onin en Howiai. — Cd. Busken Huet, Het land van Rembrand. Studien over de Noord-Nederlandsche B. De Economist, 34.2, 723–742. https://link.springer.com/article/10.1007%2FBF02228178#auth-J__K__W_-Quarles_van_Ufford

Zarkasyi, H. F. (2009). Liberalisasi Pemikiran Islam: Gerakan Bersama Missionaris, Orientalis dan Kolonialis. Tsaqafah, 5(1), 1. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v5i1.145

Downloads

Published

2022-05-04

How to Cite

alzamani, muhammad zaqi. (2022). Perkembangan pendidikan di Batavia pada masa Kolonialisme tahun 1901-1942. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(1), 49–63. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJPS/article/view/37114

Issue

Section

Articles