Bangunan Bersejarah di Ampenan, Kota Mataram, Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA Berdasarkan Kurikulum 2013

Authors

  • ihwanul hatimah Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana latar belakang sejarah pelabuhan Ampenan (2) bangunan-bangunan bersejarah apa yang ada di Kota  Ampenan, (3) apakah bangunan bersejarah di Kota  Ampenan dapat digunakan sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah melalui beberapa langkah yakni : (1) Heuristik ( teknik penentuan informan, observasi, studi dokumen, dan wawancara), (2) kritik sumber (internal dan eksternal), (3) Interpretasi, (4) Historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) latar belakang sejarah pelabuhan Ampenan di latar belakangi oleh perkembangan jalur pedagangan dari malaka, pulau Jawa menuju kawasan Indonesia Timur sekarang. Lombok sebagai pengahasil beras Lombok dengan Pelabuhan Ampenan muncul sebagai pelabuhan yang ramai sejak ekspansi kerajaan Karangasem dan semakin berkembang ketika Belanda tahun 1924 menjadikan Ampenan sebagi pelabuhan transito menuju kawasan timur Hindia Belanda. (2) semakin ramainya pelabuhan Ampenan menuntut inspratruktur sarana dan prasarana pelabuhan yang masih ditemukan hingga saaat ini merupa bangunan- bangunan bersejarah. Di antaranya gudang yang sekarang yang sudah berubah menjadi rumah ruko. (3) adapun aspek-aspek yang dapat dikembangkan untuk dijadikan sumber belajar, yaitu: (1) Aspek sejarah dalam bentuk sejarah tematik dengan pendekatan pembelajaran diluuar kelas dan menjadikan pembelajaran sejarah bisa dilakukan diluar kelas dan bersifat kontekstual.  (2) dari aspek sosial budaya adanya masyarakat multikultur disekitar pelabuhan Ampenan menjadikan komunitas ini menarik untuk dijadikan sumber belajar (3) dari aspek politik dan pertahanan Lombok dengan selat Lombok Balinya menjadi salah satu titik yang stratigis bagi pemerintah kolonial dan juga Indonesia terbukti dari penempatan Gp King dan Mark Lange.

Author Biography

ihwanul hatimah, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Sejarah

References

Shafwan, Muhammad. 2014. Ampenan Kota Tua. Komunitas Jejak Pena Mataram.

Parimartha, I Gde. 2011. Lombok Abad XIX( politik, perdagangan, dan konflik di Lombok 1831-1891). Jl. Tunggul Ametung IIIA/11B Depasar Bali: Pustaka Larasan.

Bahri, Sudirman. 2014. Studi Sejarah dan Budaya Lombok. Pusat Studi dan kajian Budaya PROV.NTB

Hamid, Rahman Dan Saleh Majid, muhammad. 2008. Pengantar Ilmu Sejarah. Ombak ,2011 Perumahan Nogotirto Lii, Jl. Progo N-15, Yogyakarta55292..

Wiana,I Ketut. 2004. Bagaimana Ummat Hindu Menggahayati Tuhan. Pustaka Manikgeni.

Anonim 2016 Pengertian Ruko http://bangunandasar.blogspot.com/2016/10/pengertian-ruko-dan-fungsinya.html di akses pada 12 Juli 2021

Teddy,Hartawan, Eliza Ruwaidah. Pemetaaan dan Identifikasi Bangunan Bersejarah di Kota Tua Ampenan Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Prodi Arsitektur FT-UNTB. Volume 4, No 1, Maret 2018 https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/533/jbptunikompp-gdl-eviearisan-26612-3-unikom_e-i.pdf, di kutip pada 24 Juni 2021)

Adris.A.Putra, Susanti Djalante. Pengembangan Infrastruktur Pelabuhan dalam Mendukung Pembangunan Bekelanjutan. Jurnal Ilmiah Media Engineering Volume 6.No 1, Januari 2016 dalam https://media.neliti.com/media/publications/98878-ID-pengembangan-infrastruktur-pelabuhan-dal.pdf di akses pada 14 juli 2021

Downloads

Published

2022-05-04

How to Cite

hatimah, ihwanul. (2022). Bangunan Bersejarah di Ampenan, Kota Mataram, Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA Berdasarkan Kurikulum 2013. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(1), 24–32. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJPS/article/view/39843

Issue

Section

Articles