Dialektika Hegelian Dan Relevansinya Dengan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Sejarah
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjps.v10i2.42878Keywords:
Dialektika, Hegelian, Pendidikan, Sejarah.Abstract
Filsafat dan pendidikan erat kaitannya dan tidak dapat dipisahkan. Hal ini disebabkan adanya masalah-masalah dalam pendidikan yang tidak dapat dijangkau oleh sains. Kekosongan tersebut dapat diisi dengan filsafat, seperti memahami hakekat manusia agar pendidik mampu memperlakukan peserta didiknya dengan baik dan lain sebagainya. Artikel ini ditulis untuk memahami relevansi dialektika Hegel dengan metode diskusi sejarah serta implementasi dari filsafat tersebut. Metode yang diterapkan dalam penulisan artikel ini adalah metode penelitian sejarah. Tahapan dari metode penelitian sejarah antara lain 1) heuristik; 2) verifikasi; 3) interpretasi; dan 4) historiografi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat keterkaitan antara filsafat dialektika Hegel dengan metode diskusi sejarah. Diskusi dilakukan karena terdapat pertentangan antara dua pendapat. Sehingga pelaksanaan diskusi dilakukan untuk menjawab tesis dari pemikiran tiap-tiap peserta didik agar menjadi sintesis baru.Downloads
Published
2022-09-01
How to Cite
Mulyangga, D., & Yuliati, Y. (2022). Dialektika Hegelian Dan Relevansinya Dengan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Sejarah. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 1–13. https://doi.org/10.23887/jjps.v10i2.42878
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.