Dialektika Hegelian Dan Relevansinya Dengan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Sejarah

Authors

  • Dani Mulyangga Universitas Negeri Malang
  • Yuliati Yuliati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v10i2.42878

Keywords:

Dialektika, Hegelian, Pendidikan, Sejarah.

Abstract

Filsafat dan pendidikan erat kaitannya dan tidak dapat dipisahkan. Hal ini disebabkan adanya masalah-masalah dalam pendidikan yang tidak dapat dijangkau oleh sains. Kekosongan tersebut dapat diisi dengan filsafat, seperti memahami hakekat manusia agar pendidik mampu memperlakukan peserta didiknya dengan baik dan lain sebagainya. Artikel ini ditulis untuk memahami relevansi dialektika Hegel dengan metode diskusi sejarah serta implementasi dari filsafat tersebut. Metode yang diterapkan dalam penulisan artikel ini adalah metode penelitian sejarah. Tahapan dari metode penelitian sejarah antara lain 1) heuristik; 2) verifikasi; 3) interpretasi; dan 4) historiografi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat keterkaitan antara filsafat dialektika Hegel dengan metode diskusi sejarah. Diskusi dilakukan karena terdapat pertentangan antara dua pendapat. Sehingga pelaksanaan diskusi dilakukan untuk menjawab tesis dari pemikiran tiap-tiap peserta didik agar menjadi sintesis baru.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Mulyangga, D., & Yuliati, Y. (2022). Dialektika Hegelian Dan Relevansinya Dengan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Sejarah. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 1–13. https://doi.org/10.23887/jjps.v10i2.42878

Issue

Section

Articles