Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) di Pejeng, Gianyar, Bali Sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjps.v10i3.43683Keywords:
Balai Pelestarian Cagar Budaya, Koleksi, Sumber Belajar SejarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) latar belakang berdirinya Balai Pelestarian Cagar Budaya di Pejeng, Gianyar, Bali, (2) koleksi yang disimpan di Balai Pelestarian Cagar Budaya di Pejeng, Gianyar, Bali yang dapat dijadikan sumber belajar sejarah, dan (3) pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya di Pejeng, Gianyar, Bali sebagai sumber belajar sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Meliputi: (1) Rancangan Penelitian, (2) Penentuan Lokasi Penelitian,(3) Penentuan Informan, (4) Pengumpulan Data, (5) Kesahihan Data, (6) Analisis Data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) latar belakang berdirinya Balai Pelestarian Cagar Budaya yang diresmikan pada tahun 1989 telah mengalami perubahan nama sebanyak tujuh kali sesuai dengan kebijakan pemerintah (2) koleksi yang disimpan di Balai Pelestarian Cagar Budaya terdiri dari benda peninggalan pada masa paleolithikum, mesolithikum, neolithikum, megalithikum, perundagian dan hindu-budha (3) Balai Pelestarian Cagar Budaya sejauh ini sudah dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah baik untuk kalangan pelajar atau mahasiswa. Terkhusus bagi siswa SMA koleksi peninggalan diolah menjadi materi alternatif dengan berpacuan pada merti-materi pokok yang telah termuat pada silabus.
References
Agung, L dan Wahyuni, Sri. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Penerbit Ombak
Djam’an Satori, Aan Komariah. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Hermianto. 2012. Sejarah Indonesia Masa Praaksara. Yogyakarta : Ombak
Kartono. 1996. Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: CV. Mandar
Lisdayeni, Sri, dkk. 2015. Penerapan Metode Outdoor Study Dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal FKIP Vol. 3 No. 3. Lampung : Universitas Lampung
Pujaastawa, Ida Bagus Gde. 2016. Teknik Wawancara Dan Observasi Untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Denpasar: Universitas Udayana
Prasetyo, Bagus. 2018. Efektivitas Pelestarian CagarBudaya Dalam Undang-UndangNomor 11 Tahun 2010 tentangCagarBudaya. Jurnal Legislasi Indonesia Vol.15 No. 01
Prihantoro, Iptu. 2010. Metode Pembelajaran Outdoor Study. Jakarta: PT Gramedia.
Salim, Syahrum. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cita Pustaka Media
Soekmono. 1973. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia. Yogyakarta : Yayasan Kanisius
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.