Peran Museum Bikon Blewut Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di SMA Negeri 1 Maumere

Authors

  • Adolf Enjelino
  • Ketut Sedana Arta
  • Tuty Maryati

Keywords:

Keywords, Museum, history, learning resource

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran Museum Bikon Blewut sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Maumere. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif  kualitatif. metode yang diguanakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui sejarah berdirinya Museum Bikon Blewut , koleksi-koleksi yang dipamerkan Museum Bikon Blewut adalah penemuan di bidang  Paleoantropologis, masa Megalitikum, masa Neolitikum, Budaya Dongson serta penemuan di bidang Paleoantologi. Peran Museum Bikon Blewut sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 1 Maumere yakni pemanfaatan Museum Bikon Blewut dalam proses pembelajaran sejarah berkaitan dengan (KD) yakni: 3.3. Menganalisis kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto, dan Deutero Melayu) dan 3.4. Memahami hasil hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat.

Kata kunci: Museum, sejarah, sumber balajar

 

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Enjelino, A., Arta, K. S., & Maryati, T. . (2022). Peran Museum Bikon Blewut Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di SMA Negeri 1 Maumere. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(3), 78–87. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJPS/article/view/45054

Issue

Section

Articles