Dari SGKP Hingga SMK Negeri 2 Singaraja (Tinjauan Sejarah dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di SMA)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjps.v10i3.46519Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sejarah dan perkembangan SMK Negeri 2 Singaraja mulai dari SGKP (Sekolah Guru Kepandaian Putri) hingga menjadi SMK Negeri 2 Singaraja, (2) Sistem pendidikan yang berkembang di SMK Negeri 2 Singaraja pada kurikulum dari SGKP sampai SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan langkah-langkah (1) Teknik Pengumpulan Sumber yang dilakukan melalui Observasi, Wawancara, Studi Dokumentasi,(2) Kritik Sumber (Kritik ekstern dan Kritik Intern), (3) Interpretasi (Analisis Data), (4) Hsitoriografi (Penulisan Sejarah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SMK Negeri 2 Singaraja merupakan sekolah yang memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang. Berdirinya cukup strategis. Berdirinya SMK Negeri 2 Singaraja dilatarbelakangi oleh adanya faktor pembangunan. Perkembangan SMK Negeri 2 Singaraja sangat pesat sehingga menjadikannya sekolah mandiri yang awalnya dari SGKP (Sekolah Guru Kepandaian Putri) hingga menjadi SMK Negeri 2 Singaraja.
Kata kunci : Sejarah, Sistem pendidikan, Kurikulum
References
Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogjakarta: AR: RUZZ MEDIA.
Danim, Sudarwan. 2011. Pengantar Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Muldyahardjo, Redja. 2012.Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia: Pt. Raja Grafindo Persada.
Hamalik, Oemar. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya
A. Lubis, 2013. Pelaksanaan Standar Nasional Dalam Dunia Pendidikan. Yogjakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.