Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS 1 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Singaraja Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjps.v5i1.5315Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Singaraja semester genap tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada pelajaran sejarah, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Singaraja semester genap tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture, (3) mengetahui persepsi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Singaraja terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu: (1) penentuan subjek penelitian, (2) observasi awal, (3) refleksi awal, (4) perencanaan penelitian, (5) pelaksanaan penelitian, (6) melakukan observasi, (7) melakukan evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) rata-rata aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Singaraja pada siklus I adalah 5,53 dengan kategori cukup aktif, meningkat menjadi 7,96 pada siklus II dengan kategori aktif; (2) rata-rata hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Singaraja pada siklus I adalah 60,19 dengan kategori kurang baik meningkat menjadi 83,46 pada siklus II dengan kategori baik, persepsi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Singraja sangat “positif”. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture (mengurutkan gambar) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Singaraja semester genap tahun pelajaran 2014/2015Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Sejarah
This research aims to (1) determine the increased activity of learning the history of class XI IPS 1 SMA N 3 Singaraja semester of academic year 2014/2015 through the implementation of cooperative learning model Picture and Picture at the lessons of history, (2) determine students' learning outcome history class XI IPS 1 SMA N 3 Singaraja semester of academic year 2014/2015 through the implementation of cooperative learning model Picture and Picture, (3) determine the perception of class XI IPS 1 SMA N 3 Singaraja toward cooperative learning model Picture and Picture. This research is classroom action research (PTK). The stages are done in the classroom action research (PTK), namely: (1) determining the subject of research, (2) the initial observation, (3) early reflections, (4) planning studies, (5) implementation of research, (6) making observations , (7) the evaluation and reflection. The results showed: (1) the average activity of students of class XI IPS 1 SMA N 3 Singaraja in the first cycle is 5.53 with moderately active category, increased to 7.96 in the second cycle with the active category; (2) the average results of student learning in class XI IPS 1 SMA N 3 Singaraja in the first cycle was 60.19 with unfavorable category increased to 83.46 in the second cycle in both categories, perceptions of class XI IPS 1 SMA N 3 Singraja very "positive". Based on these results it can be concluded that the implementation of cooperative learning model Picture and Picture (sort pictures) can increase the activity and learning outcomes History class XI IPS 1 SMA N 3 Singaraja semester of academic year 2014/2015
keyword : Cooperative Learning Model Type Picture and Picture, Activity Learning, Learning Outcomes, History
Published
2017-04-12
How to Cite
., A. H. S., ., P. D. N. B. A., & ., D. I. W. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS 1 di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Singaraja Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(1). https://doi.org/10.23887/jjps.v5i1.5315
Issue
Section
Articles