Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Sketchware Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i2.23646Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan: 1) untuk membuat media pembelajaran berbasis Software Sketchware pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di SMK, 2) untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Software Sketchware pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik, 3) untuk mengetahui respons siswa terhadap media Pembelajaran berbasis Software Sketchware pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil yaitu: (1) penelitian ini dibuat menggunakan tahapan penelitian pengembangan, (2) uji validasi ahli materi mendapatkan hasil persentase 90 % pada kualifikasi sangat layak dan hasil uji validasi ahli media 94,54 % kualifikasi sangat layak, (3) respon pada kelompok kecil dan kelompok besar didapatkan klasifikasi sangat baik. Bedasarkan hasil yang didapatkan, maka Media Pembelajaran berbasis Software Sketchwarepada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik di SMK, layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan media, Software Sketchware, Pekerjaan Dasar Elektromekanik
References
Antara, D. J., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 5 Projects for Beginner Berbasis Lectora Inspire 17 Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 55-61.
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Cahyani, F., Ariawan, K. U., & Ratnaya, G. (2019). Pengembangan Modul Karya Rekayasa Elektronika Praktis Berbasis Aplikasi Livewire. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 39-47.
Hujair, Sanaki. 2013. Media Pembelajaran Software-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Koyan, Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Lasksani, P., Ratnaya, G., & Arsa, P. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Listrik Dan Elektronika Berbasis Lectora Inspire 17. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 81-89.
Setyawan, Fery. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian dan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprapta, G., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Multimeter Berbasis Cd Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 62-70.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.