Pengembangan Trainer Sensor Berbasis Arduino Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Mikrokontroler

Authors

  • Gede Budi Astrawan
  • Agus Adiarta
  • I Gede Ratnaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i3.23668

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran Trainer Sensor Berbasis Arduino pada mata kuliah mikrokontroler. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Trainer Sensor Berbasis Arduino pada mata kuliah mikrokontroler. (3) mengetahui respons dari mahasiswa terhadap penerapan media pembelajaran Trainer Sensor Berbasis Arduino.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil yaitu: (1) penelitian ini dibuat menggunakan tahapan penelitian pengembangan, (2)  uji validasi ahli materi mendapatkan hasil persentase 83,33 % pada kualifikasi sangat layak dan hasil uji validasi ahli media  100,00 %  kualifikasi sangat layak, (3) respons pada kelompok kecil dan kelompok besar didapatkan klasifikasi sangat baik. Bedasarkan hasil yang didapatkan, maka Media Pembelajaran Trainer Sensor Berbasis Arduino pada mata kuliah mikrokontroler, layak digunakan sebagai media pembelajaran

Kata Kunci: Pengembangan media, Trainer sensor berbasis arduino, Mikrokontroler.

References

Asprilla, K. S., Sutaya, W., & Nurhayata, G. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Kontrol Pompa Air Berbasis Mikrokontroler Pada Mata Pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler Kelas XI TAV di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(2), 76-84.

Hari Santoso. 2015. Cara Kerja Sensor Ultrasonik, Rangkaian, & Aplikasinya. Retrieved Juli, 2019. From https://www.elangsakti.com/2015/05/sensor-ultrasonik.html.

Hariyanto. 2012. Pengertian Media Pembelajaran. Retrieved Juli 8, 2019. From http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/.

Khoirum Muslihah. 2015. Pengertian dan Cara Kerja Sensor PIR. Retrieved Juli 8, 2019. From https://khoirummuslihah.blogspot.com/2015/06/pengertian-dan-cara-kerja-sensor-pir.html.

Koyan Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Permana, G. S. B., Nurhayata, G., & Sutaya, W. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV 1 di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(3), 134-142.

Rumawan, M., Santo Gitakarma, M., & Nugraha, N. P. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(2), 86-95.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian dan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta.

Sugiyono. 2015. MetodePenelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-12-03