PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LT (LEARNING TOGETHER) PADA PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA2 SMA NEGERI 3 SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i3.23975Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Variabel bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) dan variable terikat berupa hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 2 semester genap SMA Negeri 3 Singaraja. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes untuk hasil belajar ranah kognitif dan lembar observasi untuk hasil belajar ranah afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 3 Singaraja. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) yang mengalami perbaikan yang signifikan dalam pembelajaran siswa pada siklus I dan siklus II. Jumlah persentase meningkat dari 44% dengan rata-rata 73,48 pada siklus I menjadi 88% dengan rata-rata 80,8 pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran Prakarya dan kewirausahaan ini dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2020-03-03
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.