Media Pembelajaran Interface Display Berbasis NODEMCU ESP8266 Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Mikrokontroler

Authors

  • Eka Gede Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya
  • I Gede Made Surya Bumi Pracasitaram

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i2.66411

Abstract

This research aims to create the Learning Media Display Interface based on Nodemcu Esp8266 as a Learning Media at the Microcontroller School that is used as a support for the learning process of the MicroController course in Prodi S1 Education Electrical Engineering. This research uses the Quantitative Descriptive Method of Percentage with the process using research and development R&D. (Reasearch and Development). This research uses questionnaires as a data collection tool for content experts, media experts, and learners. Results of the study obtained: The results of the content expert test achieved a percentage of 92.30% with highly qualified qualifications, the results of media expert tests achieved a percent of 90% with qualifying qualifications. Score ranges for 5 small group test respondents are all included in the highly eligible qualification, and scores range for 10 large group test responders are all including in the qualifying qualification. Learning Media Display Interface Based on Nodemcu Esp8266 As Learning Media At Schools Microcontroller is suitable for use in the learning process at Prodi Education Electrical Engineering Undikhsa on courses Microcontrollers in Sub Material Display.

References

Arafat. (2016). "Sistem pengamanan pintu rumah berbasis Internet Of Things (IoT) dengan ESP8266". Technologia: Jurnal Ilmiah , 7(4).

Arikunto, 1996. “Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Trainer Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Tenaga Surya Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 1-12.

Arsyad. (2002). “mengungkapkan bahwa media secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap”. Jakarta: PT.RajaGrafindo.

Atmaja, S., Adiarta, A., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembagan Media Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Negara. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 68-78.

Gagne, B. (2002). “media pembelajaran adalah alat yang secara fisik digunakan untuk 12 menyampaikan isi materi, yang terdiri antara lain buku, tape-recorder, kaset, video kamera, video recorder, film, slide, foto, gambar, grafik, telivisi dan computer”. Jurnal ilmiah .

Khadir, A. (2016). "Simulasi Arduino". Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Margono. (2004). "Metodologi Penelitian Pendidikan". Jakarta : Rineka Cipta .

Mertayasa, G., Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 57-67.

Mulyasa, E. (2006). Perkembangan Pendidikan Kurikulum . Bandung .

Muslimin. (2021). Rancang Bangun Alat Ukur Tinggi Badan Dengan Display Oled Dan Bersuara Berbasis Arduino Uno. jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (Jursistekni) .

Raigeluth. (2010). “pembelajaran adalah suatu proses membangun situasi serta kondisi belajar melalui penataan pelaksanaan komponen tujuan pembelajaran, materi, metode, kondisi, media, waktu, dan evaluasi yang tujuannya adalah pencapaian hasil belajar anak”.

Rudiono. (2010). "Dot matrik display adalah merupakan deretan LED (Light Emitting Diode)". Technologia .

Samsugi. (2020). Sistem Pengontrol Irigasi Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO. Jurnal Teknologi Dan Sistem Tertanam , 1(1), 17-22.

Siagiaan, P. (2002). "Pemngenbangan Media Pembelajaran". Jakarta .

Sopiah. (2008). Produk Display. Bandung .

Sudjana. (2005). “Alat peraga memegang peranan penting dalam menciptakan proses pembelajaran. ada beberapa fungsi pokok dari alat peraga dalam proses belajar mengajar”. Jurnalis Ilmiah .

Sugiyono, 2015. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Surayya. (2012). Alat Membantu Proses Media Pembelajaran. Media Pembelajaran .

Syihabuddin. (2008). Display Produk. Jakarta.

Widodo, R. (2018). “Alat peraga memegang peranan penting dalam menciptakan proses pembelajaran. ada beberapa fungsi pokok dari alat peraga dalam proses belajar mengajar”. Application Programming Interface .

Yasi. (2019). Analisis Kekuatan Pukulan Atlet Beladiri Menggunakan Metode Pengukuran Matematis dan Alat Ukur Berbasis Mikrokontroller. JOURNAL ZETROEM , 1(2), 20-23.

Published

2023-08-02