Pengembangan Media Pembelajaran Doorlock Berbasis Camera Pada Matakuliah Aplikasi Mikrokontroler
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i2.66413Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat Media Pembelajaran Doorlock Berbasis Camera Pada Mata Kuliah Aplikasi Mikrokontroler yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, serta mengetahui respon yang baik dari peserta didik pada mata kuliah Aplikasi Mikrokontroler. Penelitian ini termasuk model penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrument pengumpulan data oleh ahli isi, ahli media, dan peserta didik atau mahasiswa. Dari hasil penelitian Hasil uji validasi ahli isi sebesar 92,3% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi ahli media sebesar 93,3% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji coba kelompok kecil dari 5 orang responden mendapatkan hasil nilai skor terendah adalah 37, dengan kategori sangat tinggi. dan uji coba kelompok besar dari 11 orang responden mendapatkan hasil nilai skor terendah adalah 36, dengan kategori sangat tinggi.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Doorlock Berbasis Camera, ESP32 Camera, Mikrokontroler
References
Atmaja, S., Adiarta, A., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembagan Media Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Negara. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 68-78.
Azhar Arsyad. 1997. Media Pengajaran. RajaGrafindo Persada, 3.
Aryani, D., Iskandar, D., & Indriyani, F. (2018). Perancangan Smart Door Lock Menggunakan Voice Recognition Berbasis Rapberry Pi 3. Journal CERITA, 4(2), 180–189. https://doi.org/10.33050/cerita.v4i2.641
Baretina, C., Listiana, R., & ... (2021). Rancang Bangun Sistem Smart Door Lock Menggunakan Deteksi Wajah. Journal of Informatics …, 2007, 42–48. http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/jiee/article/view/534%0Ahttp://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/jiee/article/download/534/395
Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J.D. (1989). Instructional Media and Technologies for Learning. New York: McMillan.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Lonika, T., & Hariyanto, S. (2019). Simulasi Smart Door Lock Berbasis QR Code Menggunakan Arduino Uno Pada Penyewaan Apartemen Online. Jurnal ALGOR, 1(1), 9–15.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U., Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Parawansa, Gede Yogi Ahi, ddk. 2022. Media Pembelajaran Sistem Kendali Pensaklaran Jarak Jauh Berbasis IoT di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Universitas Pendidikan Ganesha.
Pracasitaram, I Gede Made Surya Bumi, I Gede Ratnaya. 2022. IOT Based Automatic Counters For Classroom Capacity In The New Normal Era Of Covid-19. Jurnal Rsistor Rekayasa Sistem Komputer. Universitas Pendidikan Ganesha.
Pratama, R. P. (2017). Aplikasi Webserver Esp8266 Untuk Pengendali Peralatan Listrik. 17(2). https://doi.org/10.31227/osf.io/pjwxd
P, F. E., & Kautsar, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Security Door Lock Berbasis PI Camera dan Sensor Sidik Jari. 163–166.
Ramadhan, Mohammad Jovi Ramadhan. 2022. Media Pembelajaran NodeMCU8266 Menggunakan IoT Pada Mata Kuliah Sitem Kendali Berbasis Komputer di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Universitas Pendidikan Ganesha.
Saat, S. (2015). FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN DALAM PENDIDIKAN (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Ta’dib, 8(2), 1–17. ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/407
Saraswati, Elis Indah. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CLAWS BOX PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DAN BANGUN DATAR DI KELAS II SDN PLUMBUNGAN Jurnal Muassis Pendidikan Dasar. Volume 10, Nomor 100
Setiawan, D., Jaya, H., & Nurarif, dkk, S. (2022). Implementasi ESP32-Cam Dan Blynk Pada Wifi Door Lock. Journal of Science and Social Research, 5(1), 159–164.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta,
Trihantoro, D. H., Darlis, D., & Putri, H. (2014). Implementasi Visible Light Communication (VLC) Untuk Pengiriman Teks. Seminar Nasional Teknologi Terapan, Vlc, 1–5. https://doi.org/10.31219/osf.io/wdfv3
Trihantoro, D. H., Darlis, D., & Putri, H. (2014). Implementasi Visible Light Communication (VLC) Untuk Pengiriman Teks. Seminar Nasional Teknologi Terapan, Vlc, 1–5. https://doi.org/10.31219/osf.io/wdfv3
Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.