Pengembangan Media Pembelajaran Digital Segitiga Eksposure Pada Mata Kuliah Fotografi Bisnis S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Authors

  • Ni Putu Febri Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dr. Ir. Agus Adiarta, S.T., M.T., IPU.
  • I Gede Surya Bumi Pracasitaram, S.T., M.T.

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i1.68303

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan platform pembelajaran digital yang menampilkan konten terkait segitiga eksposure, dengan menggunakan perangkat lunak PowerPoint. Desain platform ini bertujuan untuk memperbaiki metode pengajaran dalam kelas Fotografi Bisnis dalam program Pendidikan Teknik Elektro S1 di Undiksha. Dalam penelitian ini, analisis statistik, terutama persentase, digunakan untuk menilai data yang berasal dari para ahli materi, ahli media, dan uji coba mahasiswa melalui kuesioner. Hasilnya menunjukkan bahwa penilaian dari ahli konten menghasilkan skor yang sangat baik sebesar 96,66%, menunjukkan tingkat keahlian yang kuat. Selain itu, evaluasi dari ahli media mencapai tingkat persetujuan yang solid sebesar 85%. Uji coba dengan kelompok kecil (terdiri dari 5 responden) dan uji coba dengan kelompok yang lebih besar (melibatkan 16 responden) menghasilkan penilaian yang sangat positif. Temuan-temuan ini secara kolektif mengindikasikan bahwa media pembelajaran digital yang berfokus pada segitiga eksposure sangat cocok untuk memfasilitasi proses pembelajaran.

References

Andriawan, Aan. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Praktik Batu Kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton Di SMKN 2 Pengasih. TA. Yogyakarta: Program Diploma Universitas Negeri Yogyakarta

Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). KONSEP DASAR TEORI PEMBELAJARAN. Cendikia Mulia Mandiri.

Arikunto. 2010. Metode Penelitian dan Analisis Data. Diakses 26 Oktober 2022 (sumber: https://eprints.walisongo.ac.id/3196/4/3105134_Bab3.pdf)

Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis e Modul Instalasi Penerangan Listrik dan Tata Cahaya Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(3), 312-321.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Dharsito, Wahyu. 2016. Dasar Fotografi Digital 3 Menguasai Eksposure. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Dwiflora, Rika Oktarina, dkk. 2021. “Pembuatan Media Pembelajaran Animasi 2D (Motion Graphic) Mata Kuliah Praktikum Fotografi Dasar”. Cogito Smart Journal, Vol 7, No 2, Tahun 2021.

Gani, Rita dan Ratri Rizki Kusumalestari. 2014. Jurnalistik Foto : Suatu Pengantar. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Handi, Ahmad Rifaldi, dkk. 2021. “Pengembangan Video Pembelajaran Fotografi Materi Segitiga Eksposure”. J-INSTECH Vol 2, No 1, Tahun 2021.

Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusydiyah. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Putri, Livia Agna. 2020. “Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif Pada Materi Garis Singgung Lingkaran”. Mathema Journal, Volume 2 (1), Tahun 2020.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta. Diakses 26 Oktober 2022 (sumber: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8443/6/BAB%20III.pdf)

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta. Diakses 26 Oktober 2022 (sumber: http://eprints.umg.ac.id/1068/4/5.%20BAB%20III%20- %20METODE%20PENELITIAN.pdf).

Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Praktis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 79-87.

Yana, Baiq Ade Irma, dkk. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknik Enimasi 2 Dimensi”. Volume 2, Nomor 2, Tahun 2018.

Published

2024-04-01