https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJTE/issue/feed Jurnal Teknik Elektronika Undiksha 2021-02-04T14:30:36+00:00 Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Teknik Elektronika Undiksha, </strong>adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Elektro (D3), Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran teknik elektronika. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan teknik elektronika bagi masyarakat akademik. Jurnal ini terbit 3 kali setahun.</p><p><strong>p-ISSN : <a href="http://u.lipi.go.id/1512015832" target="_blank">2614-4751</a> (Print) and e-ISSN : <a href="http://u.lipi.go.id/1511513049" target="_blank">2614-6924</a> (Online)<br /></strong></p> https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJTE/article/view/31670 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS PROYEK GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN 2021-02-04T14:30:36+00:00 I Nyoman Medi Suartawan medisuartawan@ymail.com Nyoman Santiyadnya santiyadnya@yahoo.com Gede Nurhayata gede_nur@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Singaraja melalui penerapan model pembelajaran <em>Q</em><em>uantum </em><em>T</em><em>eaching </em>berbasis proyek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 25 orang. Data yang diambil dalam penelitian ini mencakup data tentang hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan. Data hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran <em>Quantum Teaching </em>berbasis proyek terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirusahaan siswa. Pada refleksi awal diketahui persentase rata-rata hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa sebesar 73,46 dengan ketuntasan klasikal 48%. Pada siklus I persentase rata-rata siswa meningkat menjadi 77,46 dengan ketuntasan klasikal 60%. Hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa kembali meningkat pada siklus II yaitu menjadi 80,24 dengan ketuntasan klasikal 84%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran <em>Quantum Teaching </em>berbasis proyek efektif untuk meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015.</p><p> </p><p><strong>Kata-kata kunci</strong> : Model Quantum Teaching, hasil belajar</p> 2021-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektronika Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJTE/article/view/31671 PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN 2021-02-04T14:30:36+00:00 Gede Astawan gede_astawan@yahoo.co.id Made Santo Gitakarma santo.made@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan penerapan metode demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X BB1 SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 32 orang. Data yang diambil dalam penelitian ini mencakup data tentang hasil belajar siswa dari tiga ranah yaitu afektif, kognitif dan psikomotor dalam pembelajaran prakarya dan kewirausahaan. Data hasil belajar pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan diperoleh dengan menggunakan observasi bentuk <em>rating scale</em> untuk penilaian afektif, data kemampuan pemahaman konsep atau penilaian kognitif siswa dikumpulkan melalui tes objektif berbentuk <em>multiple choice </em>dan data keterampilan penilaian psikomotor mengunakan observasi unjuk kerja. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, terjadi peningkatan hasil belajar ketiga ranah afektif, kognitif dan psikomotor dengan rata-rata 55 yang berada pada kategori kurang dengan ketuntasan klasikal sebesar 13% pada prasiklus menjadi rata-rata 70 yang berada pada kategori baik dengan ketuntasan klasikal sebesar 72% pada siklus I menjadi rata-rata 74 yang berada pada kategori amat baik dengan ketuntasan klasikal sebesar 94% pada siklus II.</p><p> </p><p><strong>Kata kunci</strong>: metode demonstrasi, hasil belajar.</p><p> </p> 2021-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektronika Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJTE/article/view/31672 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK PADA INSTALASI MOTOR LISTRIK DI JURUSAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN 2021-02-04T14:30:36+00:00 Ika Pratama ikapratama190@gmail.com I P. Suka Arsa suka.arsa@undiksha.ac.id G. Ratnaya gede.ratnaya@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran trainer pengendali elektromagnetik pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran dikelas XI Jurusan Teknik Ketenagalistrikan Prodi Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Denpasar. Untuk penelitian pengembangan media ini menggunakan metode R<em>esearch and Development </em>(R&amp;D). Dengan teknik pengumpulan data berupa angket kelayakan/validasi ahli isi dan media, angket respon siswa (kelompok kecil dan kelompok besar). Hasil uji validasi isi memperoleh persentase 96,25% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi media memperoleh persentase 93,33% dengan kualifikasi sangat layak, uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 88,00% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok besar memperoleh persentase 93,05% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, Media Pembelajaran Trainer Pengendali Elektromagnetik layak digunakan dan mendapat respon yang baik dari siswa pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di kelas XI Prodi Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Denpasar.</p><p><strong>Kata Kunci</strong>: Media Pembelajaran, Pengendali Elektromagnetik, Instalasi Motor Listrik</p> 2021-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektronika Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJTE/article/view/31673 PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN ASESMEN AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN 2021-02-04T14:30:36+00:00 Komang Yudi Anggreadi artworker93@gmail.com I Wayan Sutaya wsutaya@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan mengambil subjek siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Singaraja sebanyak 29 orang, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan melalui penerapan <em>project based learning</em> dengan asesmen autentik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kongnitif adalah <em>multiple choice</em>, ranah afektif dikumpulkan dengan observasi <em>rating scale</em> dan data psikomotor dikumpulkan melalui unjuk kerja dan produk. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari siklus I aspek afektif dan kognitif sebesar 72,41% dengan rata-rata 78,72, daya serap 78,72%, dan aspek psikomotor 75,86%, meningkat pada siklus II aspek afektif 89,66%, aspek kognitif 86,21% dengan rata-rata 83,1%, daya serap 83,1%, aspek psikomotor mencapai 100%. Peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II aspek afektif 17,25%, kognitif 13,8%, dan psikomotor 24,14%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan <em>project based learning</em> dengan asesmen autentik dapat meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan pada siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Singaraja.</p><p> </p><p><strong>Kata-kata kunci:</strong> <em>project based learning</em>, asesmen autentik, prakarya dan</p><p> kewirausahaan</p> 2021-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektronika Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JJTE/article/view/31675 PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN 2021-02-04T14:30:36+00:00 Dewa Kadek Dwi Manggala dewamanggalaputra@gmail.com I Nyoman Pasek Nugraha paseknugraha@yahoo.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran <em>project based learning</em> yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas X MIA3 di SMA Negeri 2 Singaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes pilihan ganda. Hasil observasi awal sebelum dilakukannya tindakan ialah ketuntasan klasikalnya sebesar 23,69%, daya serap sebesar 44,74%, dan rata-rata klasikalnya sebesar 44,74. Setelah menerapkan model pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar mengalami perbaikan yang signifikan, pada siklus 1 hasil belajar ranah afektif siswa rata-rata klasikalnya sebesar 64,9 menjadi 75,4 pada siklus II, pada ranah psikomotor rata-rata klasikal siklus I sebesar 70,4 menjadi 84,8 pada siklus II, dan pada ranah kognitif siklus I rata – rata klasikal sebesar 71,44, daya serap sebesar 71.44%, dan ketuntasan klasikal 52% dan meningkat pada siklus II yaitu rata – rata klasikal sebesar 88,68, daya serap sebesar 88,68%, dan ketuntasan klasikal 97%. Persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada ranah afektif 44,75%, ranah psikomotor 39,5%, ranah kognitif 45%, dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari observasi awal ke siklus II sebesar 43,94. Jadi penerapan model <em>project based learning</em> pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA3 SMA Negeri 2 Singaraja.</p><p> </p><p>Kata-kata kunci : <em>p</em><em>roject </em><em>b</em><em>ased </em><em>l</em><em>earning</em>, hasil belajar, prakarya dan kewirausahaan</p><p> </p> 2021-01-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Elektronika Undiksha