KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTU MEDIA TIMELINE CHART TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19508Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPS, banyak siswa yang sulit menghafal dan memahami banyak materi IPS yang dirasa banyak teori yang menuntut siswa untuk mengerti semua yang ada dalam buku pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran pembelajaran student facilitator and explaining berbantu media timeline chart terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 01 kebojongan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimental design dan jenis yang diambil adalah one group pretest posttest design. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas V dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh. Penelitian diperoleh rata-rata pretest adalah 47,67, sedangkan posttest sebesar 79,82. Dengan menggunakan uji t, diperoleh t hitung> t tabel yaitu 12,66> 2,052 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pada nilai afektif siswa setelah melakukan penelitian ada 5 siswa yang memperoleh kriteria baik sekali dan 23 siswa memperoleh kriteria baik, dengan rata-rata akhir 88,19. Pada aspek psikomotorik dan semua siswa mendapat predikat baik, dengan rata-rata akhir 82,73. Terdapat perbedaan nilai hasil pretest dan posttest serta peningkatan hasil belajar (kognitif, afektif, psikomotorik) IPS siswa kelas V SDN 01 Kebojongan sehingga dapat disimpulkan bahwa ada keefektifan pada proses pembelajaran menggunakan model Student Facilitator and Explaining berbantu media Timeline Chart terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 01 Kebojongan.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Ayu, Nanda. 2017. Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa . Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 348-352
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Epayanti, dkk.2015.“Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Media Charta Di Kelas IV Sekolah Dasar”.Jurnal Pendidikan Dasar. (Volume3 No.(2), Desember 2015).http://www.jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/download/87/163 Diakses pada 9 November 2018.
Hafsari, Dwi dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPSSiswa Kelas IV SD Negeri 56 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).(Vol. 3 No. 2).https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/12008. Diakses pada tanggal 14 Desember 2018.
Megawati, Priarti . 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X
Mulyani, Eva. 2016. “Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap pemahaman matematik peserta didik” JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika). (vol. 2 no. 1, pp. 29–34, Maret 2016). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/Eva21 Diakses pada 20 September 2018.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuksatuan pendidikan dasar dan menengah bahwa Standar Kompetensi (SK) dan KompetensiDasar (KD) Ilmu Pengetahuan Sosial. https://awidyarso65.files.wordpress.com/2008/08/permendiknas-no-24-th-2006-ttg-kurikulum-ips-sd.pdf. Diakses pada tanggal 14 Desember 2018.
Permana, Septian Aji. 2017. Strategi Pembelajaran IPS Kontemporer. Yogyakarta: Media Akademi.
Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS).
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)