PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU KATA BERGAMBAR BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27446Keywords:
Android, media pembelajaran, menulisAbstract
Pendidikan diabad 21 merupakan pembelajaran untuk mempersiapkan generasi yang mengedapankan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai media untuk siswa dalam mengembangkan produk berupa buku kata bergambar. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan produk untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa SD Kelas II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) yang mengacu pada model desain pengembangan ASSURE, yaitu : analys learner, state objectivitas, select method & media or materials, utilize media and materials, require learner participation,dan juga evaluate and revise. Instrumen yang digunakan dalam memperoleh data kualitas media yaitu: lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar validasi ahli rancangan pembalajaran. Keberasilan pengembangan media ini dapat ditinjau dari segi validitas, efektifitas, dan praktis. Hasil penelitian pengembangan media ini dapat dilihat dari tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis buku kata bergambar berbasis android untuk meningkatakan kemampuan membaca siswa kelas II sekolah dasar. Oleh ahli media, keefektifan pengembangan media dapat di peroleh rata-rata keseluruhan sebesar 78,6 % dengan “kategori tinggi”. Ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 98% dengan kategori “Sangat tinggi”. Oleh ahli rancangan pembelajaran diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 75% dengan kategori “tinggi”. Dapat di simpulkan bahwa media buku kata bergambar berbasis Android untuk meningkatakan kemampuan menulis siswa dan memiliki “kategori tinggi” sehingga dikategorikan “layak” diuji cobakan.
References
Astuti, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui In House Training. Kelola Journal Manajemen Pendidikan, Halaman: 37-47.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Srtandar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Langi, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Dengan Menggunakan Kartu Huruf di Kelas I SD. Jurnal Kreatif Tadulako Online , Vol. 4 No. 8 ISSN 2354-614X 88.Universitas Tadulako.
Rumbiak, A. (2016). Peningkatan Ketrampilan Menulis Cerita Menggunakan Media Gambar di SD Negeri Bangkalan Bantul. Journal Pendidikan Sekolah Dasar, 378-385.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembalajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Kencana.
Safitri, S. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Diskripsi Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas 1 SDN MARGOANYAR.
Smaldino, L. d. (2011). Instructional Technology & Media Learning. Kencana Prenada Media Group.
Sukamdinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)