Analisis Return on Training Investment pada Pelatihan Service Excellence dalam Unit Kerja Pemberian Kredit di Bank BPR

Authors

  • Putu Arda Wahyu Pratama Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Bagian Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawati Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Return on Training Investment, Pelatihan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai, (1) Besar manfaat yang didapat oleh karyawan setelah melaksanakan pelatihan service excellence, (2) besar biaya yang dikeluarkan oleh Bank BPR untuk menyelenggarakan pelatihan dan (3) besar (ROTI) dari pelatihan yang telah dilakukan.Penelitian ini menggunakan desain deskriptif,data di kumpulkan dengan tehnikpencatatan dokumen yang di lengkapi dengan wawancara. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 33 orang.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, besar manfaat  yang diberikan dari adanya pelatihan ini berdamak positif karena dapat meningkatkan kinerja dari kredit yang dicairakan dari masyarakat, besar biaya yang dikeluarkan didalam mengadakan pelatihan sebesar Rp 59.400.000 dan besar Reutun On Training Investment dari pelatihan yang telah dilakukan sebesar 891%.

References

Atmodiwirio, S. 2002. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Detty, Regina. 2008. Evaluasi Dampak Pelatihan “Know Your Customer & Money Laundering” Di Bank X Bandung. National Conference on Management Research 2008. Makassar, 27 November. ISBN: 979-442-242-8.

Dewi, Eka. 2006. Pengaruh pelatihan terhadap peningkatan prestasi kerja karyawan pada Kantor Wilayah Usaha POS V (PT. POS Indonesia) Bandung. Skripsi. Fakultas Bisnis dan Manajemen, Jurusan Manajemen di Universitas Widyatama Bandung

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Gibsons, James H. Ivancevich. John M. and Donelly. 2001. Organisasi dan Manajemen. Perilaku, Struktur dan Proses. Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga

Gorda, I Gusti Ngurah. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Denpasar: Astabrata Bali Denpasar Bekerja sama dengan STIE Satya Dharma Singaraja.

Hamalik, Oemar. 2001. Pengembangan Sumber Daya Manusia Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, Malayu S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kelima. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Bumi.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

Pratama, P. A. W., Bagian, I. W., & Telagawati, N. L. W. S. (2019). Analisis Return on Training Investment pada Pelatihan Service Excellence dalam Unit Kerja Pemberian Kredit di Bank BPR. Jurnal Manajemen Indonesia, 7(2), 104–115. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JMI/article/view/38318

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)