PENGARUH KREDIBILITAS, DAYA TARIK, KEAHLIAN BINTANG IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO-GT

Authors

  • Ni Wayan Indrayani .
  • I Wayan Suwendra, S.E., M.Si. .
  • Ni Nyoman Yulianthini, S.E.,M.M. .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh simultan dari kredibilitas, daya tarik, dan keahlian bintang iklan (celebrity Endorser) terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio-GT. (2) pengaruh parsial dari kredibilitas, daya tarik, dan keahlian bintang iklan (celebrity Endorser) terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio-GT. (3) variabel yang paling dominan yang berpengaruh diantara kredibilitas, daya tarik, dan keahlian bintang iklan (celebrity Endorser) terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio-GT. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah Dealer Maha Surya Motor dan objeknya kredibilitas, daya tarik, keahlian bintang iklan dan keputusan pembelian. Data yang dikumpulkan adalah metode pencatatan dokumen dan kuesioner, metode ini digunakan untuk mencatat dokumen-dokumen yang kemudian dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menujukan: (1) kredibilitas bintang iklan secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) daya tarik dan keahlian bintang iklan secara secara simultan dan parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dan (3) variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah daya tarik bintang iklan.
Kata Kunci : kredibilitas, daya tarik, keahlian bintang iklan, keputusan pembelian.

This study aims to determine (1) the simultaneous effect of credibility, attractiveness, and expertise commercials (celebrity endorser) on purchasing decisions Yamaha Mio motorcycle-GT. (2) the partial effect of credibility, attractiveness, and expertise commercials (celebrity endorser) on purchasing decisions Yamaha Mio motorcycle-GT. (3) The most dominant variable affecting between credibility, attractiveness, and expertise commercials (celebrity endorser) on purchasing decisions Yamaha Mio motorcycle-GT. Design research is quantitative causal design. Subjects were Maha Surya Motor Dealer and object credibility, attractiveness, expertise commercials and purchasing decisions. The data collected is recording a document and questionnaire method, this method is used to record the documents are then analyzed using multiple regression analysis. Results of the study addressed: (1) the credibility of commercials simultaneously and partially positive and significant impact on purchasing decisions, (2) the attractiveness and expertise commercials are simultaneously and partially significant positive effect on the purchase decision, and (3) the most dominant variable influence purchasing decisions is the star attraction advertis
keyword : credibility, attractiveness, expertise commercials, purchasing decisions.

Published

2015-03-09

How to Cite

., N. W. I., ., I. W. S. S. M., & ., N. N. Y. S. (2015). PENGARUH KREDIBILITAS, DAYA TARIK, KEAHLIAN BINTANG IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO-GT . Jurnal Manajemen Indonesia, 3(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JMI/article/view/4820

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>