Strategi Chef De Partie Hot Kitchen Dalam Meningkatkan Kualitas Makanan Di Discovery Kartika Plaza Hotel

Authors

  • Komang Sri Pratiwi Prodi Perhotelan, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, UniversitasPendidikan Ganesha, Singaraja, Bali, Indonesia
  • Putu Indah Rahmawati Prodi Perhotelan, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, UniversitasPendidikan Ganesha, Singaraja, Bali, Indonesia
  • Nyoman Dini Andiani Prodi Perhotelan, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, UniversitasPendidikan Ganesha, Singaraja, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v2i1.22080

Keywords:

Strategy, Kitchen, Food quality, Chef de partie, hotel

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dialami chef de partie hot kitchen dalam meningkatkan kualitas makanan di Discovery Kartika Plaza Hotel serta strategi dalam meningkatkan kualitas makanan di Discovery Kartika Plaza Hotel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Chef de Partie hot kitchen Discovery Kartika Plaza Hotel. Objek penelitian ini adalah strategi chef de partie hot kitchen dalam meningkatkan kualitas makanan di Discovery Kartika Plaza Hotel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kendala-kendala yang dialami chef de partie hot kitchen dalam meningkatkan kualitas makanan, yaitu pengadaan peralatan kurang, pengadaan bahan baku kurang memadai, product knowledge. (2) Strategi chef de partie hot kitchen dalam meningkatkan kualitas makanan di Discovery Kartika Plaza Hotel dilakukan dengan melakukan survey kepuasan tamu dan mengikuti pelatihan seperti standar penyajian dan standar rasa.

Kata kunci: strategi, kitchen, kualitas makanan, chef de partie, hotel

Abstract

This study aims to determine obstacles experienced by chef de partie hot kitchen in improving food quality at the Discovery Kartika Plaza Hotel and strategy in improving food quality at the discovery kartika plaza hotel. Data collection methods used are observation, interview, documentation. Subjects in this study is Chef de Partie hot kitchen of Discovery Kartika Plaza Hotel. The object of this research is Chef de partie hot kitchen strategy in improving food quality at the discovery kartika plaza hotel .This research use qualitative approach. The results showed that (1) any obstacles experienced by Chef de partie hot kitchen in improving food quality at the discovery kartika plaza hotel, is the procurement of equipment is lacking,the procurement of raw materials is inadequate,and product knowledge. (2) Chef de partie hot kitchen strategy in improving food quality at the discovery kartika plaza hotel is done by conducting guest satisfaction surveys and attending training such as presentation standard and taste standard.

Keywords: Strategy, Kitchen, Food quality,Chef de partie, hotel

References

Adinugraha dan Michael.2012. Analisa Pengaruh Kualitas Makanandan Persespsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen D’cost Surabaya.Tersedia pada https://www.neliti.com/id/publications/82332/analisis-pengaruh-kualitas makanan-dan-persepsi-harga-terhadap-kepuasan-konsumen.Diakses pada tanggal 9 april 2019

Evirasanthi,dkk.2016. Pengaruh kualitas makanan, kualitas layanan dan lingkungan fisik terhadap kepuasan dan behavioral intentions. Tersedia pada

http://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/download/37647/24391/.diakses pada tanggal 8 april 2019

Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra 2011.Service, Quality and Satisfaction (Ed 3).Yogyakarta.Andi.

Fiani,S.Margaretha, dan Japarinto.E.2012.Analisa Pengaruh Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo.Jurnal Manajemen Pemasaran.Vol.1(1),1-6

Haghighi.2012.Evaluation Of Factor Affecting Customer Loyally In The Restaurant Industry.Tersediapada http://rpajournals.com/wpcontent/uploads/2018/07/JIBM-2018-02-14Faraj.pdf.oleh. diaksespada tanggal 10 april 2019

Huda dan Nurcahyo. 2005. Upaya food & beverage dalam meningkatka kualitas makanan di hotel grand aston Yogyakarta. Tersedia pada

http://pdfs.semanticsholar.org/54ff/dbf96d42cc7f7d9368e69ab5ee057b194922.p df.diakses pada tanggal 11 april 2019

Keputusan Menteri Parpostel no.KM 94HK103/MPPT 1987.

Kotler dan Keller.2014.Marketing Management Edisi 14,Global Edition.Pearson Prentice Hall.

Kotler dan Amstrong Gary.2012.Principles of Marketing 14th ed.Pearson Education, Inc.New Jersey.

Kusmayadi & Endar sugiarto,2000.metedeologi penelitian dalam bidang kepariwisataan. Jakarta :gramedia pustaka utama..

Kuncoro, Mudrajad. 2005. Strategi (Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif).Jakarta : Penerbit Erlangga.

Rauf rusdin. 2013. Sanitasi pangan dan HACCP. Yogyakarta : Penerbit Cahaya Ilmu

Sunyoto.2017. Pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan tamu di ratu ratih caffe hotel sahid jaya solo. Tersedia pada http://jurnal.stpss.ac.id/index.php/JPI/article/view63 .diakses pada tanggal 10 april 2019

www.google.com. 2019. Peta Discovery Kartika Plaza Hotel.Tersedia pada http://maps.google.co.id/maps?um=1&ie=UTF8&fb=1&gl=id&sa=X&ll=8.72 95305,115.1669796&z=15&ftid=0x0:0x5494e29ceeb47532&q=DiscoveryK artika+Plaza+Hotel&ved=2ahUKEwjWtcvPjrhAhVL6XMBHQZ2DNkQ_BIwD noECA4QCA. Diakses pada tanggal 25 april 2019.

Zeithaml,Valerie, Bitner. 2000. Services Marketing : Mc Graw Hill Inc, International Edition,New York.

Downloads

Published

2019-11-26

Issue

Section

Articles