Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Banyubiru Restaurant,Bali
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v1i2.22093Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Kendala-kendala apa saja yang dialami oleh waiter
atau waitrees dalam memberikan pelayanan di Banyubiru Restaurant. (2). Strategi untuk meningkatkan
kinerja karyawan di Banyubiru Restaurant. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Manager Restaurant dan Staff
Restaurant The Laguna a Luxury Collection Resort & Spa. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan
kualitas pelayanan di Banyubiru Restaurant The Laguna a Luxury Collection Resort & Spa. Teknik
analisa yang digunakan adalah deskriptif kualitattif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kendala
dalam memberikan pelayanan di Banyubiru Restauran yaitu perlengkapan equipment (peralatan) yang
tidak memadai, NA (Not Available) kebutuhan yang tidak tersedia, knowledge (pengetahuan) bahasa
asing. (2) Strategi untuk meningkatkan kinerja karyawan dilakukan dengan memberikan briefing, motivasi
kerja, roll play training, memberikan reward.
Kata kunci : Kendala, Strategi, Banyubiru Restaurant
References
Aryani, Dwi dan Rosinta. 2010. Pengaruh Kualitas layanan terhadap Kepuasan Pelanggan
dalam Membentuk Loyalitas Pelangga. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi.
(2):144-126.
Dalimunthe, Kamar Risky. 2016. Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Panen PT.
Perkebunan Nusantara III. Tersedia pada
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/231614/4/chapter%2011.pdf (diakses 29
Juni 2017)
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta:Gava Media.
Harsuko, R. 2011. Mendongkrak Motivasi dan Kinerja Pendekatan Pemberdayaan SDM.
Malang:UB Press.
Indriani. 2013. Analisis Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Total pada Restoran Sunda di
Bogor. Tersedia pada
https://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/63902/1/H13ani.pdf.(diakses 30
Maret 2013).
Mustika. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Servicescape terhadap Kepuasan
Konsumen. Tersedia pada
http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/16195/11.%20naskah%20pu
blikasi.pdf?sequence=11&isallowed=y (diakses 30 November 2017)
Putri. 2009. Kualitas Pelayanan pada Restoran Khas Melayu Pondok Yurika Pekan Baru.
Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/31340-ID-kualitaspelayanan-
pada-restoran-khas-melayu-pondok-yurika-pekanbaru.pdf (diakses 30
Desember 2009)
Schuler,Rendall S dan Jacson,Susan E. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia:Menghadapi
abad ke 21. Jakarta:Erlangga.
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Utama,Irawati,Budiyanto. 2015. Pengaruh Brand Image, Harga, Servcie Quality dan
Servicescape Terhadap Customer Satisfaction. Tersedia pada
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/download/4061/3819.(diakses 30
April 2015).
Yamit,Zulian. 2004. Manajemen.Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta:Ekonisia UII.
www.google.com. 2019. Peta Hotel The Laguna A Luxury Collection Resort & Spa. Tersedia
pada
https://www.google.com/maps/place/The+Laguna+Resort+%26+Spa+Nusa+Dua,+Bali+T
he+Luxury+Collection/@-
4322133,115.1089801,10z/data=!4m5!3m4!1s0x0:0xdb311c654377bf82!8m2!3d-
7973822!4d115.2307704. (diakses pada tanggal 30 Mei 2019)