Evaluasi Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Di Envy Restaurant Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali

Authors

  • I Komang Didik Setiawan
  • Putu Indah Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v3i2.29076

Keywords:

Standard operating procedures, Service Quality, Strategy

Abstract

This study aimed to determine the standard operating procedures at Envy Restaurant, the implementation at Envy Restaurant, and strategies to improve service quality at Envy Restaurant. The research used a qualitative descriptive method. Data were collected observation, interviews and documentation. The subjects in this study were supervisors and staff in Envy Restaurant. The results of this study indicates that : (1) Envy restaurant does already have standard operating procedures and has been monitored in every implementation by managers or supervisors, but in the case of its application, it is still found to be incompatible with the standards owned; (2) To improve the quality of service in Envy Restaurant, it is also necessary to evaluate, give morning  briefing, provide  feedback, conduct role play training. It is important that superiors taking a persuasive approach to the staffs to do the job based on the standard procedure.

References

Adhi,Ginanjar.2020." Penelitian Deskriptif Kualitatif ",Tersedia pada https://www.tripven.com/penelitian-deskriptif-kualitatif/ (diakses pada 1Juni 2020)

Badan Pusat Statistik “Jumlah Hotel Berbintang Dan Non Bintang”. Tersedia pada https://bali.bps.go.id/dynamictable/2018/03/07/274/jumlah-hotel-non-bintang-dan-akomodasi-lainnya-di-bali-menurut-kabupaten-kota-dan-kelompok-kamar-2000-2015.html (Diakse pada 27 Mei)

Budiharjo,M.2014.Panduan Praktis Menyusun SOP. Jakarta:Raih Asa Sukses.

Foris,Paskalino Jimmy, Ronny H. Mustamu.(2015). “Analisis Strategi Pada Perusahaan Plastik Dengan Porter Five Forces”.Jurnal Agora Volume 3,Nomor 1 Tersedia Pada Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/36308-ID-Analisis Strategi-Pada-Perusahaan-Plastik-Dengan-Porter-Five-Forces.Pdf (diakses Pada 26 Juni 2020)

Hepani,Ketut..(2019).”Strategi Peningkatan Kinerja Pramusaji Palms Restaurant Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali”.Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata Volume 1 Nomor 48 Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/22098 (diakses pada 2 Mei 2020)

Lian,SY.2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Plasa Telkom Kandatel Cimahi. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Imu Politik.Universitas Pasundan

Mentari,DJ.2017 Kualitas Pelayanan Pramusaji Di Cinnamon Poolside Restaurant Hotel D`Oxville Padang. Skripsi. Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan. Universitas Negeri Padang

Permana,Restiawan.(2013).”Strategi Komunikasi Dakwah Band Wali dalam Lagu Cari Berkah”. Jurnal Komunikasi Islam Volume 03, Nomor 01 Tersedia pada http://jki.uinsby.ac.id/index.php/jki/article/view/17 (diakses pada15 Juni 2020)

Reva,Yanti.2019. Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Dalam Upaya Meraih Kepuasan Pelanggan Di Grapari Telkomsel Purwokerto. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Soemohadiwidjojo,Arini,T.2014. Mudah Menyusun SOP. Jakarta:Penerbar Plus

Surya,D. 2015. “Bali Sebagai Destinasi Pariwisata Siap Bersaing”. Tersedia Pada Https://Dwisuryatravel20190714travelingdigitalmilenial.Wordpress.Com/2019/07/17/Bali-Sebagai-Destinasi-Pariwisata-Siap-Bersaing/Amp/ (Diakses Pada11 Maret 2020)

Guntu dan Yulianto. 2015. Upaya Profesionalisme Kerja Untuk Meningkatkan Pelyanan Tamu Di The Grand Palace Hotel Yogyakarta.Tersedia pada https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Upaya+profesionalism e+Kerja+Untuk+Peningkatan+pelayanan+tamu+di+The+Grand+Palace+Hotel+Yogy akarta&btnG (diaskses pada 5 april 2019)

Kusuma, Arta Adi. 2013. Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Staf Hotel Muria Semaarang. Tersedia pada https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+Motivasi+D an+Lingkungan+Kerja+Terhadap+Kinerja+Staf+Hotel+Muria+Semaarang&btnG= (diakses pada tanggal 11 April 2019)

Moelong.Lexy j.2008. Metode Penelitian Kunatitatif Edisi Revisi.Bandung: Penerbit PT.Remaja Rosdakrya.

Murjianto.2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bina Atmaja: Bandung

Pearce II, Jhon A, dan Robinson Richard B.Jr (2008). Manajemen Strategis 10. Salemba Empat: Jakarta

Sutrisno,Edi. 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Media Group.

www.google.com 2019. Peta Hotel Holiday Inn Baruna Bali. Tersedia pada https://www.holidayinnresorts.com.

Downloads

Published

2020-10-04

Issue

Section

Articles