PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN FRONT OFFICE GRAND HYATT JAKARTA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.50839

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Loyalitas Karyawan , Front Office, Hotel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhdap loyalitas karyawan (2) Loyalitas Karyawan Grand Hyatt Jakarta.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif . Objek penelitian ini adalah Gaya Kepemimpinan dari pada Front Office Leader serta Budaya Organisasi Grand Hyatt Jakarta, sedangkan subjek penelitian adalah Karyawan Front Office Grand Hyatt Jakarta, dengan tujuan untuk mengetahui bentuk dari loyalitas terhadap perusahaan dengan mengambil sample jenuh, dengan menyebarkan kuesioner keseluruh karyawan Front Office. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Adanya dari korelasi dari Gaya Kepemimpinan serta Budaya Organisasi serta memiliki hubungan terhadap loyalitas karyawan sebesar 0,849; menunjukan bahwa hubungan yang dimiliki  oleh Gaya Kepemimpinan serta Budaya Organisasi terhadap loyalitas karyawan dapat dikategorikan dalam tingkat hubungan yang kuat dan memiliki hubungan yang nyata atau signifikan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa variabel bebas berpengaruh sebesar 70% dan 30% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak dibahas oleh penulis. Regresi linear  berganda dari Gaya Kepemimpian dan Budaya Organisasi terhadap Loyalitas Karyawan adalah: Y = 2.699 + 0.057 +1.277 . Dari persamaan di atas, dapat dijelaskan bahwa nilai regresi berganda dari Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Loyalitas Karyawan sebesar 1.277; dapat diartikan bahwa setiap penilaian dari responden terhadap variable loyalitas karyawan meningkatkan rasa kesetiaan terhadap hotel.

References

Hasibuan, M. S. (2011). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.

Kusumo, B. (2006). Hubungan antara persepsi terhadap iklim organisasi dan kepuasan imbalan kerja dengan loyalitas kerja pada karyawan. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mas’ud, F. (2004). Survey diagnosis organisasional konsep dan aplikasi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Rivai, R. V. (2014). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan,Edisi ke-6. Depok : PT. Raja Grafindo Persada,.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (Mix methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017 ). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutriniasih, K. S. (2017). Analisis faktorfaktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan pada PT. Plasa Telkom Group Singaraja.

Thoha, M. (2013). Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wan, H. L. (2012). . Employee loyalty at the workplace: The impact of Japanese style of human resources management . International Journal of Applied HRM, 1-17.

Zuki, K. (2016). Sumber daya manusia dalam organisasi dan manajemen. Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles