Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Menginap pada Generasi Milenial di Mercure Jakarta Sabang

Authors

  • Cindy Classia Makawowor Universitas Bunda Mulia
  • Yudhiet Fajar Dewantara Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.58950

Keywords:

Generasi Milenial, Keputusan Menginap, Mercure Jakarta Sabang

Abstract

Staycations yang semakin populer di kalangan anak muda turut andil dalam peningkatan bisnis perhotelan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi elemen lingkungan Mercure Jakarta Sabang yang paling kuat mempengaruhi pilihan generasi milenial untuk tetap tinggal disana. Teknik kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Secara keseluruhan, 230 orang mengisi survei. Analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Uji f menunjukkan bahwa kualitas produk, lokasi, harga, dan kualitas layanan semuanya berperan dalam pilihan untuk tetap menjadi demografis milenial di Mercure Jakarta Sabang. Berdasarkan temuan uji-t, faktor harga dan kualitas layanan berpengaruh terhadap pilihan untuk tetap tinggal bagi generasi milenial di Mercure Jakarta Sabang, sedangkan variabel kualitas produk dan lokasi tidak berpengaruh. Peneliti menyarankan Hotel untuk mengasah beberapa kekurangan yang ada. Diharapkan saran studi ke depan dapat menyelidiki lebih banyak aspek promosi, bukti fisik, dan citra hotel yang mungkin memengaruhi pilihan milenial untuk tetap tinggal.

Author Biography

Cindy Classia Makawowor, Universitas Bunda Mulia

 

 

References

Arif, M. (2021). Generasi millenial dalam internalisasi karakter Nusantara. Kediri: IAIN Kediri Press.

Azizah, S. N., Nurhayati, S., & Anggraeni, A. I. (2020). Optimisme dalam nilai filosofi budaya Jawa. Pekalongan: Penerbit NEM.

Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan pemeliharaan relasi antar generasi dalam perspektif budaya Jawa. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 84–105. http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v4i2.3326

Hana, K. F. (2019). Minat beli online generasi milenial: Pengaruh kepercayaan dan kualitas layanan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(2), 206. http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v7i2.6094

Luna, D., & Hanifah, R. D. (2020). Pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di Capsule Hotel Old Batavia, Jakarta Pusat. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 3(2), 101–115. https://doi.org/10.32528/sw.v3i2.3875

Nadiya, E. (2017). Studi preferensi generasi Y dalam memilih hunian di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 145–152. https://doi.org/10.24912/jmieb.v1i1.417

Paramita, I. B. G., & Putra, I. G. G. P. A. (2020). New normal bagi pariwisata Bali di masa pandemi covid 19. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 5(2), 57–65. https://doi.org/10.25078/pariwisata.v5i2.108

Pratiwi, S., & Murtani, A. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan tamu menginap di Hotel Saudara Syariah Medan. Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 277–288.

Ramadhian, N. (2020). Apa Itu Staycation? Liburan yang Diprediksi Jadi Tren Selama Pandemi. Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2020/07/29/094500127/apa-itu-staycation-liburan-yang-diprediksi-jadi-tren-selama-pandemi?page=all

Sahney, S., Ghosh, K., & Shrivastava, A. (2013). “Buyer’s motivation” for online buying: An empirical case of railway e-ticketing in Indian context. Journal of Asia Business Studies, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.1108/JABS-07-2011-0036

Sitorus, O. T. (2019). Pengaruh kualitas produk hotel terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Grand Inna Medan. JUMANT, 11(2), 91–102.

Taufiq, A. R., Mandasari, A. E., & Romdani, A. (2018). Analisis faktor-faktor pembentuk konsumsi status pada generasi millennial. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(2), 143–149.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10.Tahun 2009. (2009).

WTTC. (2014). Economic impact reports. Retrieved March 21, 2021, from https://wttc.org/Research/Economic-Impact

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles