Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Menginap pada Generasi Milenial di Mercure Jakarta Sabang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.58950Keywords:
Generasi Milenial, Keputusan Menginap, Mercure Jakarta SabangAbstract
Staycations yang semakin populer di kalangan anak muda turut andil dalam peningkatan bisnis perhotelan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi elemen lingkungan Mercure Jakarta Sabang yang paling kuat mempengaruhi pilihan generasi milenial untuk tetap tinggal disana. Teknik kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Secara keseluruhan, 230 orang mengisi survei. Analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Uji f menunjukkan bahwa kualitas produk, lokasi, harga, dan kualitas layanan semuanya berperan dalam pilihan untuk tetap menjadi demografis milenial di Mercure Jakarta Sabang. Berdasarkan temuan uji-t, faktor harga dan kualitas layanan berpengaruh terhadap pilihan untuk tetap tinggal bagi generasi milenial di Mercure Jakarta Sabang, sedangkan variabel kualitas produk dan lokasi tidak berpengaruh. Peneliti menyarankan Hotel untuk mengasah beberapa kekurangan yang ada. Diharapkan saran studi ke depan dapat menyelidiki lebih banyak aspek promosi, bukti fisik, dan citra hotel yang mungkin memengaruhi pilihan milenial untuk tetap tinggal.
References
Arif, M. (2021). Generasi millenial dalam internalisasi karakter Nusantara. Kediri: IAIN Kediri Press.
Azizah, S. N., Nurhayati, S., & Anggraeni, A. I. (2020). Optimisme dalam nilai filosofi budaya Jawa. Pekalongan: Penerbit NEM.
Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan pemeliharaan relasi antar generasi dalam perspektif budaya Jawa. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(2), 84–105. http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v4i2.3326
Hana, K. F. (2019). Minat beli online generasi milenial: Pengaruh kepercayaan dan kualitas layanan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(2), 206. http://dx.doi.org/10.21043/bisnis.v7i2.6094
Luna, D., & Hanifah, R. D. (2020). Pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di Capsule Hotel Old Batavia, Jakarta Pusat. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 3(2), 101–115. https://doi.org/10.32528/sw.v3i2.3875
Nadiya, E. (2017). Studi preferensi generasi Y dalam memilih hunian di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 145–152. https://doi.org/10.24912/jmieb.v1i1.417
Paramita, I. B. G., & Putra, I. G. G. P. A. (2020). New normal bagi pariwisata Bali di masa pandemi covid 19. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 5(2), 57–65. https://doi.org/10.25078/pariwisata.v5i2.108
Pratiwi, S., & Murtani, A. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan tamu menginap di Hotel Saudara Syariah Medan. Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 277–288.
Ramadhian, N. (2020). Apa Itu Staycation? Liburan yang Diprediksi Jadi Tren Selama Pandemi. Kompas.Com. https://travel.kompas.com/read/2020/07/29/094500127/apa-itu-staycation-liburan-yang-diprediksi-jadi-tren-selama-pandemi?page=all
Sahney, S., Ghosh, K., & Shrivastava, A. (2013). “Buyer’s motivation” for online buying: An empirical case of railway e-ticketing in Indian context. Journal of Asia Business Studies, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.1108/JABS-07-2011-0036
Sitorus, O. T. (2019). Pengaruh kualitas produk hotel terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Grand Inna Medan. JUMANT, 11(2), 91–102.
Taufiq, A. R., Mandasari, A. E., & Romdani, A. (2018). Analisis faktor-faktor pembentuk konsumsi status pada generasi millennial. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(2), 143–149.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10.Tahun 2009. (2009).
WTTC. (2014). Economic impact reports. Retrieved March 21, 2021, from https://wttc.org/Research/Economic-Impact