Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Zodiac Coffee & Co Cabang Karangasem
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.59132Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kualitas ProdukAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan bertujuan mengujikan pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan di Zodiac Coffee & Co Cabang Karangasem. Rancangan penelitian inipun menggunakan studi kuantitatif kausal. Pengumpulan datanya dilaksanakan melalui kuesioner dan dianalisis mellaui analisis regresi linier berganda. Purposive sampling adalah teknik dalam menentukan jumlah sampel dan didapatkan sebanyak 100 informan. Hasil studi inipun membuktikan (1) Kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, (2) Kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan (3) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
References
Daga, R. 2017. Citra, kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Gobal Research and Consulting Institute.
Diarto, D., & Chaerudin, C. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 86-98. https://doi.org/10.5281/zenodo.7069790
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode penelitian manajemen. Edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran produk dan merek (planning & strategy). CV. Penerbit Qiara Media.
Gaman, P.M., & Sherrington, K.B. (1996). The Science of food: 4th edition. Butterworth-Heinemann.
Hastuti, I. N. D., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Bakso Tukul Arwana cabang Season City Jakarta Barat. IKRAITH-EKONOMIKA, 5(1), 124-133
Irawan, D., & Japarianto, E. (2013). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pelanggan restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2)
khoiri, S. Z. & Efianis, E. (2022). Pengaruh kualitas produk kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di restoran Asia Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1740–1746. https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2499
Kotler, P. & Amstrong, G. 2014. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K. L. 2016. Marketing management, 15th Edition. Pearson Education, Inc.
Laksana, F. 2008. Manajemen pemasaran. Graha Ilmu.
Laetitia, S. I., Alexandrina, E., & Ardianto, S. F. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Tanamera Coffee Pacific Place. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(1), 1699-1721. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.1403
Lupiyoadi, R. 2014. Manajemen pemasaran jasa. Edisi 3. Salemba Empat.
Nurramaadhanti, H. D. & Yulia, A. Y. 2021. Efek Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Sha’ring Karanganyar. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, 8(2), 161-167
Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif. Alfabeta.
Widiantara, I. W. dan Trianasari. 2021. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Toyota Avanza di Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(1), 122-131
Yu, H., & Fang, W. (2009). Relative impacts from product quality, service quality, and experience quality on customer perceived value and intention to shop for the coffee shop market. Journal Total Quality Management and Business Excellence 1273-1285. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/14783360802351587.