Pengaruh Branding terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Pullman Jakarta Central Park
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.61774Keywords:
Citra Merek, Keputusan Menginap, Tingkat HunianAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh branding terhadap keputusan menginap tamu di hotel Pullman Jakarta Central Park yang berlokasi di Jakarta Barat. Penelitian ini sendiri dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data yang menggunakan kuisioner sebanyak 240 sampel. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah yang pertama adanya pengaruh yang signifikan dan positif dari dimensi kejujuran brand terhadap keputusan menginap tamu. yang kedua adalah adanya pengaruh yang signifikan dan positif dari dimensi semangat brand terhadap keputusan menginap tamu. yang ketiga adalah adanya pengaruh yang signifikan dan positif dari dimensi kemampuan brand terhadap keputusan menginap tamu. yang keempat adalah adanya pengaruh yang signifikan dan positif dari dimensi keduniawian brand terhadap keputusan menginap tamu. yang kelima adalah adanya pengaruh yang signifikan dan positif dari dimensi ketahanan brand terhadap keputusan menginap tamu. Dan yang terakhir adalah branding secara utuh memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap tamu.
References
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Arianty, N., & Arinda, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4, 39–50. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i10.p07
Barlian, E. (2019). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif. Padang: Sukabina Press
Baştuğ, S., Şakar, G. D., & Gülmez, S. (2020). An application of brand personality dimensions to container ports: A place branding perspective. Journal of Transport Geography, 82(August), 102552. https://doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2019.102552
Darma, B., & Wulansari, K. Y. (2021). Pengaruh jumlah penduduk terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Batang Hari tahun 2010-2020. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 444. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i2.309
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing. New Jersey: Pearson Education
Mantovani, R. (2021). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap tingkat kemiskinan di kota Makassar. [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/13094-Full_Text.pdf
Maulana, M. H. (2023). Analisis Dampak Pengembangan Pariwisata Pantai Pink Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. [undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram]. https://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6573
Oscar, Y., & Keni, K. (2019). Pengaruh brand image, persepi harga, dan service quality terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300
Purba, D., & Purba, M. (2022). Aplikasi analisis korelasi dan regresi menggunakan pearson product moment dan simple linear regression. Citra Sains Teknologi, 1(2), 97–103. https://doi.org/10.2421/cisat.v1i2.54
Purba, R. P. (2017). Pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan. Jom Fisip, 4(1), 1–13.
Youn, S., & Dodoo, N. A. (2021). The power of brand nostalgia: Contrasting brand personality dimensions and consumer-brand relationships of nostalgic and non-nostalgic brands. Journal of Consumer Behaviour, 20(6), 1373–1387. https://doi.org/10.1002/cb.1941
Zafri, A. M. F., & Yoestini. (2022). Pengaruh Citra perusahaan terhadap intensi beli konsumen generasi Z: Studi pada perusahaan belanja online Tokopedia. Journal of Management, 11(5), 1–12.