Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Endek Bali pada Butik Ayu Windy Tenun Ikat Singaraja

Authors

  • Komang Meina Santiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Amanda Dewanti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i3.63614

Keywords:

keputusan pembelian, kualitas produk, promosi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengujikan pengaruh promosi dan kualitas produk baik secara simultan ataupun parsial terhadap keputusan pembelian endek Bali pada Ayu Windy Tenun Ikat Singaraja. Banyaknya sampel yang diujikan yakni sebanyak 80 responden dengan teknik sampel yang dipergunakan yakni teknik purposive sampling. Metode dalam mengumpulkan data mempergunakan kuesioner. Teknik analisis pada kajian studi ini yakni kuantitatif melalui penggunaan analisis regresi linear berganda. Hasil temuan ini membuktikan (1) promosi dan kualitas produk menyumbangkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kontribusi pengaruhnya sebanyak 90,9% dan pengaruh lainnya sebanyak 9,1%. (2) promosi menyumbangkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kontribusi pengaruhnya sebanyak 13,9%. (3) kualitas produk menyumbangkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kontribusi pengaruhnya sebanyak 55,2%.

References

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Annur, C. M. (2022). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara/ Wisman ke Bali (Agustus 2020-Agustus 2022). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/10/pariwisata-mulai-pulih-tren-kunjungan-turis-asing-ke-bali-terus-meningkat#:~:text=Laporan Badan Pusat Statistik

Astuti, R. I., & Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Ilman, 05(2).

Bairizki, A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Ud Ratna Cake & Cookies. Jurnal Valid, 14(2).

Damanik, H. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Casual Merek Bata. Jurnal Ilmiah Kohesi, 2(2).

Febriana, P. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lazizaa Chicken And Pizza Dijambangan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Klarisa, N. (2012). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Swalayan Maxi Balikpapan. Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P. and G. A. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga.

Kotler, P. dan K. L. K. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Erlangga.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. CV Al Fath Zumar.

Laksono, C. B. N. S. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Internet Telkomsel (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ngurah Rai, Denpasar). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium (MBE), 3(1).

Lubis, R. R. (2021). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu merek converse pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Marpaung, Fenny Krisna, et al. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1).

Monalisa, S. B. P. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dengan Menggunakan Model Explicit Instruction Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDN 060908 Kec. Medan Denai T.A 2014/2015. UNMED.

Samad, A. dan I. W. (2016). Pengaruh Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olah Raga Merek Specs di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 3(4).

Saragih, B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap keputusan pembelian di Distro Bastard Clothing. Jurnal Manajaemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3).

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT Alfabeta.

Suyana Utama, M. (2016). Aplikasi Analisis Kuantitatif. CV. Sastra Utama.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles