Redesain Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial di Kampus IPB Internasional
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.65351Keywords:
Redesain Strategi Pemasaran, Implementasi Pemasaran, Media Sosial KampusAbstract
Media sosial merupakan konten yang terdapat informasi yang dikemas oleh seseorang yang menggunakan teknologi penerbitan, gampang dijangkau serta dimaksudkan untuk memberikan fasilitas komunikasi, pengaruh serta komunikasi antar sesama dan bersama umum. Masyarakat banyak yang memanfaatkan ketenaran media sosial untuk melakukan pemasaran baik berupa produk maupun jasa. strategi pemasaran mampu diartikan menjadi salah satu dari acuan yang dipakai untuk menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh. Strategi pemasaran identik dengan berbisnis, dan tentunya berkaitan dengan perusahaan yang menjual produk maupun jasa. Lembaga pendidikan juga menjadi salah satu instansi yang memanfaatkan strategi pemasaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil analisis ini menunjukkan bahwa redesain penelitian yang dilakukan oleh tim humas dan promosi IPB Internasional meliputi hampir keseluruhan media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, dan facebook. Implementasi strategi pemasarannya meliputi adsense, hingga menonjolkan copywriting serta konten yang menarik. Begitu pula dengan faktor hambatan maupun faktor pendukung yang membuat tim humas dan promosi dapat melaksanakan strategi pemasarannya. Diantaranya seperti kegiatan sosialisasi, marketing tools sebagai faktor pendukung, hingga minimnya informasi terkait rebranding kampus yang menjadi hambatan
References
Afifah, Khansa. (2016). Pengaruh social media marketing instagram terhadap tingkat brand awareness Roaster and Bear Coffee Lounge & Kitchen. Jurnal Komunikasi, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Afrizal. (2016). Metode penelitian kualitatif sebuah upaya mendukung penggunaan penelitian kualitatif dalam berbagai disiplin ilmu. PT RajaGrafindo Persada.
Fahlevi, M. R., Achmad, B. A., & Rahmawati, E. (2021). Pengaruh strategi pemasaran dan media sosial terhadap perilaku konsumen cafe malam. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 10(2), 11. https://doi.org/10.20527/jbp.v10i2.10991
Hasgimianti, Habibah, S., Alfiah, Purnama, R. D. B. (2022). Tingkat adiksi penggunaan media sosial remaja: Studi deskriptif. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 5(2). http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v5i2.19731
Mallari, R. L., & Ibay, S. M. C. (2020). Social media as a promotion and marketing strategy and its effect on the customers’ satisfaction with business enterprises.
International Journal, 01(02). https://doi.org/https://doi.org/10.18801/ijmp.010220.0
Mettasari, Venny & Kasimun, Petrus Rudi. (2021). Redesain Pasar Kopro menjadi pasar berbasis nol sampah makanan, Grogol Petamburan. Jurnal Stupa, 3(2). https://doi.org/10.24912/stupa.v3i2.12360
Hosseini, M. H. & Shoghi, A. (2018). Investigating the role of marketing activities of social media in the company ’ s image and customer response (Case study: Hotel industry ). International Journal of Social Relevance and 64 Concern, 6(7), 57–66
Oktaheriyani, D., Wafa, M. A., & Shadiqien, S. (2020). Analisis perilaku komunikasi pengguna media sosial TikTok (Studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNISKA MAB Banjarmasin). [Skripsi, Universitas Islam Kalimantan]
Rinawati. (2018). Implementasi marketing mix pada manajemen pemasaran Supermarket Pamella Satu dalam perspektif etika bisnis Islam. [Skripsi, Universitas Islam Indonesia]
Vriyatna, M. (2021). Implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan melalui media sosial di era new normal (Studi kasus di Sekolah Tinggi Ilmu. Jurnal Mumtaz, 1(2), 147–155
Zakirah, D. M. A. (2018). Mahasiswa dan Instagram (Study tentang Instagram sebagai sarana membentuk citra diri di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga). [Skripsi, Universitas Airlangga Surabaya)
Ziveria, M. (2017). Pemanfaatan media sosial Facebook sebagai sarana efektif pendukung kegiatan perkuliahan di Program Studi Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Kalbe. Jurnal Sains dan Teknologi, 4(2), 169–178.