Keunikan Alam Curug Cilember Megamendung sebagai Destinasi Andalan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.66152Keywords:
Curug Cilember, Destinasi Andalan, Air Terjun, Paket WisataAbstract
Penelitian ini membahas tentang keunikan destinasi wisata di Curug Cilember sebagai destinasi andalan. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi langsung, wawancara dengan masyarakat setempat, dan analisis dokumen. Dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yaittu teknik pengambilan sampel dari anggota populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. dari berbagai kelompok usia untuk memilih responden dari populasi terkait destinasi wisata Curug Cilember, kami mempertimbangkan 2 responden sebagai jumlah yang cukup untuk penelitian kualitatif ini dengan kriteria inklusi. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk memahami keindahan alam Curug Cilember secara utuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keunikan dan potensi lain dari Curug Cilember Megamendung meliputi keanekaragaman hayati, lingkungan sekitar, dan daya tarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Curug Cilember mampu menjadikan destinasi andalan karena memiliki tujuh objek air terjun yang unik, aktivitas keluarga, mitos yang dipercayai oleh wisatawan serta area camping yang indah. Kemudian, dapat disempurnakan kembali dengan adanya sebuah paket wisata serta mengatasi tantangan yang mungkin terjadi dalam mengelola pola perjalanan untuk memaksimalkan peluang demi kenyamanan wisatawan, menjadikan Curug Cilember sebagai destinasi andalan yang wajib untuk dikunjungi.
References
Muhani, Karyatun, S., Hardini, R., & Sabilah, H. S. (2020). Strategi pemasaran selama masa pandemi covid-19. Laporan Stimulus Penelitian Universitas Nasional, 1–2. http://repository.unas.ac.id/1194/1/Penelitian Covid - Lengkap.pdf
Mariam, I., Latianingsih, N., & Purwinarti, T. (2021). Analisis SWOT potensi bisnis koperasi bunga kayu mekar di Cilember, Bogor. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 713–720. https://doi.org/10.18196/ppm.23.411
Nugraha, R., & Achmad, V. (2023). Strategi pengiklanan dan pelayanan pariwisata di Indonesia pasca pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(June), 510–516. https://doi.org/10.5281/zenodo.8090899
Mulyana, A., & Ayuni, D. (2017). Hubungan antara kualitas jasa, citra destinasi, kepuasan pengunjung dan niat mengunjungi kembali taman wisata air terjun di Bogor. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(3), 163. https://doi.org/10.25124/jmi.v16i3.333
Mulyana, B. (2012). Pengembangan Kota Bogor sebagai destinasi pariwisata internasional. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(1), 1–12.
Nugraha, R. N., & F, F. P. (2023). Metaverse peluang atau ancaman bagi umkm di indonesia pada sektor industri pariwisata. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(9), 395–405. https://doi.org/10.5281/zenodo.7953096
Nugraha, R. N., Yuliantini, T., & Karyatun, S. (2019). Tren pariwisata DKI Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 317–328. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i2.267
Nugraha, R., & Nahlony, A. (2023). Strategi pengembangan destinasi wisata penanganan pandemi covid-19. Nawasena: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.56910/nawasena.v2i1.406
Syurawati, D., Susilowati, M. H. D., & Restuti, R. C. (2021). Perbedaan jumlah wisatawan berdasarkan perbedaan tingkat daya tarik objek wisata sebelum dan masa new normal di objek wisata kawasan puncak kabupaten Bogor. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 12(2021)
Trisia, P. A., & Nugraha, R. N. (2022). Strategi komunikasi pemasaran Taman Wisata Alam Angke Kapuk dalam meningkatkan kunjungan. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6471–6476. https://doi.org/10.47492/jip.v3i6.2103