Pengaruh Technology Acceptance Model terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kamar pada Platform E-Commerce di Grand Basko Hotel Padang

Authors

  • Apries Marta Sahvira Universitas Negeri Padang
  • Feri Ferdian Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.66284

Keywords:

TAM, Keputusan Pembelian Jasa Kamar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kegunaan dan kemudahan pemakaian teknologi e-commerce terhadap keputusan pembelian jasa kamar. Penelitian ini didasarkan pada teori TAM karena teori ini adalah salah satu  model yang paling berhasil dalam menguji penerimaan teknologi dan perilaku pelanggan terkait teknologi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 217 responden. Metode pengambilan sampel adalah teknik non probability sampling. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Technology Acceptance Model dan Keputusan Pembelian Jasa Kamar di Grand Basko Hotel Padang serta pengaruh antara kedua variabel tersebut dapat dipaparkan pembahasannya. Variabel indenpenden (Technology Acceptance Model) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Keputusan Pembelian Jasa Kamar).

Author Biographies

Apries Marta Sahvira, Universitas Negeri Padang

 

 

Feri Ferdian, Universitas Negeri Padang

 

 

References

Adhiputra, M. W. (2015). Aplikasi Technology Acceptance Model terhadap pengguna layanan internet banking. Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 2(1).

Aghdaie, SFA, Piraman, A., & Fathi, S. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi sikap kepercayaan konsumen dan dampaknya terhadap perilaku pembelian melalui internet. Jurnal Internasional Ilmu Sosial Bisnis, 2(23), 147-158.

Andrina, A. A. A. P, Kurniadi, C. J., Kenang, I. H., & Sutrisno, T. FWC. (2022). The role of Technology Acceptance Model factors on purchase intention in e-commerce. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 14(2). https://doi.org/10.26740/bisma.v14n2.p160-176

Ardyanto, D., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan menggunakan e-commerce terhadap keputusan pembelian online. Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1), 1-8.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340. https://doi.org/10.2307/249008

Devi, N. L. N. S. & Suarta, I. W. (2014). Analisis Technology Acceptance Model (TAM) terhadap penggunaan sistem informasi di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 6.(1).

Handaruwati, I. (2020). Analisa kualitas pelayanan, kepercayaan dan keamanan terhadap tindakan pembelian produk secara online. Jurnal Kewirausahaan Inovasi Bisnis, 2(4), 218-223. https://dx.doi.org/10.35899/biej.v2i4.165

I'tishom, MF, Martini, S., & Novandari, W. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan persepsi harga terhadap sikap serta keputusan konsumen menggunakan Go-Pay. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, 22(4), 514-532. https://doi.org/10.32424/jeba.v22i4.1793

Kotler, P. & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Lestari, F. B. (2020). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian konsumen marketplace di kota Tegal. [Skripsi, Universitas Pancasakti Tegal]

Lim, Y.J., Osman, A., Salahuddin, S.N., Romle, A.R., & Abdullah, S. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku belanja online: Peran mediasi niat beli. Procedia Ekonomi Keuangan, 35.

Magdalena, A. (2018). Analisis antara e-service quality, e-satisfaction, dan e-loyalty dalam konteks e-commerce BLIBLI. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2).

Mantara, M. A. & Yulianthini, N. Y. (2022). Faktor-Faktor yang menentukan keputusan pembelian secara online di Bukalapak pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4 (2).

Mulyanto, A., Sumarsono, Niyartama, T. F. & Syaka, A. K. (2020). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) dalam Pengujian model penerimaan aplikasi Masjid Link. Jurnal Semesta Teknika, 23(1). https://doi.org/10.18196/st.v23i1.7802

Putranto, A. M. & Pramudiana, Y. (2015). Pengaruh faktor-faktor dalam modifikasi unified theory of acceptance and use of technology 2 terhadap perilaku konsumen dalam mengadopsi layanan wifi PT. Area XYZ Jakarta. E-Prosiding Manajemen, 2(2), 1085-1094.

Putro, H. & Haryanto, B. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli belanja online di Zalora Indonesia. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perdagangan, 9(1), 1-12.

Salim, M., Alfansi, L., Darta, E., Anggarawati, S., & Amin, A. (2019). Perilaku belanja online milenial Indonesia. Tinjauan Internasional Pemasaran Manajemen, 9(3).

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2004). Consumer behavior, eighth edition: International edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sianadewi, JH, Widyarini, LA, & Wibowo, W. (2017). Pengaruh Perceived social presence, perceived ease of use, perceived usefulness, dan sikap terhadap belanja online terhadap niat beli pada Jakarta Notebook.com. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 6(2), 104-115.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhari, Yohanes. (2008) . Keputusan membeli secara online dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 13(2).

Suki, NM, & Suki, NM (2011). Menjelajahi hubungan antara persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kenikmatan, sikap dan niat pelanggan menggunakan layanan seluler 3G. Jurnal Manajemen Teknologi Informasi, 22(1), 1-7.

Tahar, A.,Riyadh, HA, Sofyani, H., & Purnomo, WE (2020). Persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, persepsi keamanan dan niat menggunakan e-filing: Peran kesiapan teknologi. Jurnal Keuangan Asia, Ekonomi, dan Bisnis, 7(9).

Yani, E., Lestari, A. F., Amalia, H., & Puspita, A. (2018). Pengaruh internet banking terhadap minat nasabah dalam bertransaksi dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Informatika , 5(1). https://doi.org/10.31294/ji.v5i1.2717

Yolanda, A.,& Widijoko,G. (2013). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahaan, persepsi kenyamanan, dan norma subjektif terhadap minat menggunakan electronic commerce (e-commerce). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2), 1-20.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles