Pengaruh Service Performance terhadap Repurchase Intention di The Axana Hotel Padang

Authors

  • Yolanda Syafri Universitas Negeri Padang
  • Dwi Pratiwi Wulandari Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.67104

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Intensi Pembelian Kembali, Hotel

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya fenomena tidak tercapainya target repeater guest di The Axana Hotel Padang. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh service performance terhadap repurchase intention di The Axana Hotel Padang. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Penelitian ini dilaksanakan di The Axana Hotel Padang .Populasi penelitian ini ialah tamu yang menginap di The Axana Hotel Padang yang berjumlah 27.858 orang. Pemilihan sampel penelitian menggunakan incidental sampling dengan jumlah sampel 253 orang. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa service performance menunjukkan persentase sebesar 34% pada rentang skor ≥ 22 - < 25 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Repurchase intention menunjukkan persentase sebesar 45% pada rentang ≥ 21 - < 24 yang termasuk dalam kategori baik. Kemudian kedua variabel tersebut dianalisis dan diperoleh hasil bahwa service performance berpengaruh terhadap repurchase intention sebesar 0,084.

References

Zuhri, A. S. (2019). Pengaruh akun instagram Kuliner Jogja terhadap minat beli konsumen di Ojo Dhumeh Angkringan Wifi Bantul D.I Yogyakarta. [Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/65787/1/PENDAHULUAN.pdf

Ali, Hasan, (2013), Marketing dan kasus-kasus pilihan. PT. Buku Seru

Ismayanti (2011). Pengantar pariwisata. Grasindo.

Prakoso, P. A. (2017). Front office praktis. Gava Media

Badan Pusat Statistik Sumatera Barat (2021). Jumlah Akomodasi Hotel Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang Tahun 2021.Padang.

Basiya , R., & Rozak, H. A. (2012). Kualitas daya tarik wisata, kepuasan dan niat kunjungan kembali wisatawan mancanegara di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan. Vol. XI No. 2: 1-12.

Cronin, J. J., & Taylor, S. A. (1992). Measuring service quality: A reexamination and extension. Journal of Marketing, 56(3), 55–68. https://doi.org/10.2307/1252296

Luhgiatno & Kurniawati, E. (2016). Pengaruh service performance dan relationship marketing terhadap loyalitas konsumen dengan experiental marketing sebagai variabel moderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 8(2), 50-62. https://doi.org/10.34152/fe.11.2.%25p

Nurhayati & Murti, W. W. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ulang masyarakat terhadap produk handphone. Value Added, 8(2), 47-62

Pambudi, B. S. (2016). Pengaruh kinerja pelayanan (service performance) terhadap loyalitas dengan variabel antara kepuasan pelanggan Nasabah Bank Jatim. Jurnal Universitas Trunojoyo, 2(1). https://doi.org/10.21107/nbs.v2i1.562

Sugiyono (2019). Statistika untuk penelitian. CV Alfabeta

Tan, Y. (2019). Pengaruh service quality terhadap repurchase intention dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening pada PT Bank Central Asia Tbk. Jurnal Strategi Pemasaran, 6(1).

Wiryana, N. Y., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh e-service quality dan perceived value terhadap repurchase intention dengan customer satisfaction pada bisnis e-commerce (Studi pada konsumen e- commerce di Jakarta Barat). Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(5), 217. http://dx.doi.org/10.24912/jmbk.v4i5.9231

Xu dkk, (2015). Total fenolik dan flavonoid dan aktivitas antioksidan dari produk teh hijau dan tanaman teh hitam tanaman. Erlangga.

Downloads

Published

2023-08-25

Issue

Section

Articles