Pengaruh Kualitas Menu dan Variasi Menu Terhadap Kepuasan Tamu di Kyriad Hotel Bumiminang Padang

Authors

  • Sonia Universitas Negeri Padang
  • Kasmita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.67162

Keywords:

Kualitas Menu, Variasi Menu, Kepuasan Tamu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas menu dan variasi menu terhadap kepuasan tamu di kyriad hotel bumiminang padang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan hubungan kausal. Responden yang menjadi populasi peneitian adalah tamu yang pernah atau sedang mengikuti event di kyriad hotel bumiminang padang dengan jumlah sampel 297 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian angket atau kuisioner yang telah disusun menggunakan skala likert. Untuk menguji hipotesis, digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas menu dan variasi menu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan tamu yang mengikuti event event di kyriad hotel bumiminang padang.

References

Amstrong, & Kotler. (2009). Prinsip-prinsip pemasaran jilid 1 dan 2 (12th ed.). Erlangga.

Bakri, B., Intiyati, A., & Widartika. (2018). Sistem penyelenggaraan makanan institusi (1st ed.). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Denniswara, E. P. (2016). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap intensi membeli ulang produk My Ideas. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(4), 480–488. https://doi.org/10.37715/jp.v1i4.225

Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R. (2020). Pengaruh kualitas produk, display layout, dan variasi produk terhadap kepuasan konsumen. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 149–159. https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.1081

Hertati, L., & Safkaur, O. (2019). Impact of business strategy on the management accounting: the case of the production of state-owned enterprises in Indonesia, South Sumatra. Journal of Asian Business Strategy, 9(1), 29–39. https://doi.org/10.18488/journal.1006.2019.91.29.39

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia PM.53/HM.001/MPEK/2013. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syafarudin, A. (2016). Strategy of leadership and innovation in improving company performance against competitive advantage, international journal of economics, commerce and management. International Journal of Economic, Commerce and Management, 4 (6), 471–482.

Syafarudin, A., & Mulyana, B. (2019). Formulation strategy of Pt. Bandara Internasional Jawa Barat Bandung Indonesia, Kertajati in business aerocity (aerotropolis). International Review of Management and Marketing, 9(3), 106–111. https://doi.org/10.32479/irmm.8113

Timo, F. (2021). Pengaruh variasi menu dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu di Hotel Victory Kefamenanu. Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, 3(3), 8–16. https://doi.org/10.32938/ie.v3i3.1267

Widjoyo, S. (2014). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.

Yuwono, H., & Yuwana, S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan keragaman produk terhadap kepuasan konsumen pada toko King di Malang. Jurnal Ekonomi Manajemen, 2, 351–366. https://doi.org/10.30996/jem17.v2i1.1195

Downloads

Published

2023-08-25

Issue

Section

Articles