Literature Review: Pengalaman dan Kepuasan Wisatawan terhadap Niat Berkunjung Kembali ke Desa Wisata
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i2.67540Keywords:
Pengalaman, Kepuasan, Niat Berkunjung KembaliAbstract
Pengalaman dan kepuasan merupakan komponen yang sangat penting guna menunjang wisatawan untuk datang kembali berkunjung ke Desa Wisata. Desa Wisata menjadi pariwisata alternatif yang banyak diminati oleh wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang kuat antara variabel pengalaman dan kepuasan terhadap niat berkunjung kembali wisatawan ke Desa Wisata. Penelitian ini menggukan metode literature review dengan mengumpulkan artikel dengan menggunakan mesin pencari Google Scholar. Artikel yang dicari dari kata kunci “Pengalaman dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Niat Berkunjung Kembali ke Desa Wisata”. Hasil dari penelitian ini yakni adanya hubungan yang kuat antara pengalaman dengan kepuasan, pengalaman dengan niat berkunjung kembali, dan kepuasan terhadap niat berkunjung kembali. Ketiga variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan positif yang saling mempengaruhi untuk mendatangkan wisatwan datang ke suatu destinasi wisata dan desa wisata salah satunya.
References
Mahagangga, I. G. A. O. (2013). Keamanan dan kenyamanan wisatawan di Bali (Kajian awal kriminalitas pariwisata). Jurnal Analisis Pariwisata, 13(1), 97-105.
Nursalam, H. (2020). Literatur systematic review pada pendidikan kesehatan. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.
Pitana, I. G. (2005). Sosiologi pariwisata. Penerbit Andi.
Prakoso, Dimas Bayu. (2020). Pengaruh pengalaman wisatawan terhadap kepuasan dan kepercayaan serta niat berkunjung kembali (Studi pada wisatawan di wisata alam Posong Temanggung). Jurnal Dialektika, 5(2), 185-201. http://dx.doi.org/10.36636/dialektika.v5i2.465
Putra, I. G. N. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap niat berkunjung kembali wisatawan mancanegara ke daya tarik wisata Alas Pala Sangeh. Jurnal IPTA, 4(2). https://doi.org/10.24843/IPTA.2016.v04.i02.p01
Riadi, D. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung kembali ke desa wisata hijau Bilebante yang dimediasi oleh kepuasan wisatawan. Jurnal Riset Pemasaran, 2(2), 38-49. https://doi.org/10.29303/jrp.v2i2.2678
Rusydi, A. (2017). Manajemen pemasaran. S. Mahdi, ALFABETA.
Sudiarta, I. N. (2022). Kualitas layanan dan destinasi wisata terhadap kepuasan wisatawan untuk mengunjungi kembali desa wisata. Journal of Management and Bussines, 4(1), 508-526. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.3704
Sulistyanda, B. (2022). Pengaruh pengalaman pengunjung dan citra destinasi terhadap minat berkunjung kembali dengan kepuasan sebagai variabel mediasi pada wisatawan Telaga Sarangan. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi 4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun.