Pengaruh Kemasan Food & Beverage Ramah Lingkungan Terhadap Kepuasan Konsumen

Authors

  • Sofiani Sofiani Universitas Bunda Mulia
  • Tatiana Putri Yulia Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.74233

Keywords:

Kemasan Ramah Lingkungan, Food & Beverage, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penggunaan kemasan plastik digunakan oleh semua usaha khususnya industri food & beverage sebagai tempat atau wadah untuk menyimpan makanan dan minuman. Tetapi seiring berjalannya waktu penggunaan kemasan plastik memiliki ancaman bagi kelestarian lingkungan. beberapa coffee shop mulai menerapkan konsep kemasan ramah lingkungan yang termasuk kedalam bagian green marketing. Hal ini juga di dasari sebagai bentuk kesadaran terhadap lingkungan untuk turut menjaga lingkungan. Dengan diadakanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak perubahan pola penggunaan produk tidak ramah lingkungan dengan mulai mengganti ke yang lebih ramah lingkungan dan memberikan dampak positif terhadap keberlanjutan di industri food and benerage. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 398 responden. Pemilihan sampel menggunakan non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemasan ramah lingkungan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dimana kemasan yang digunakan serta workshop yang diadakan dapat mengajarkan dan menggambarkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Namun, melalui uji koefisien determinasi diketahui bahwa kemasan ramah lingkungan hanya berpengaruh sebesar 28% terhadap kepuasan pelanggan, yang disebabkan karena banyak konsumen yang belum memahami kegunaan dari green product dan 72% dipengaruhi oleh variablel lain. 

References

Astuti, M. &. ( (2021) ). Pengembangan Ekonomi Bangsa Melalui Inovasi Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dewantara., Y. F. (2018). Kerak Telor: Kuliner Khas Ibu Kota Jakarta (Betawi). Proceeding: National Conference Of Creative Industry Universitas Bunda Mulia.

Dianti, N. R. (2021). Green Product dan Keputusan Pembelian Konsumen Mud. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 130–142.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Imam Ardiansyah, H. I. (2011). Implementation of Green Hotel Management 5-Star Hotel in Jakarta, Case Study: The Dharmawangsa Hotel Jakarta. . Jurnal IOP Conference Series, 2(3), 1-11.

Murdita Wulansari, D. &. (2019). Pelaksanaan Operasional Food and Beverage Department Dalam Pencapian Excelent Service Di Crystal Lotus Hotel Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu , (Vol. 10, Issue 2.

Saputra, S. &. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel&Apartment. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, Vol.9(Issue 2).

Sari, M. R. (2022). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16.

Suryono., I. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Matahari Kabupaten Bogor. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 5(2).

Yani Balaka, M. &. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: www.penerbitwidina.com.

Published

2024-04-30