Pengaruh Media Sosial Instagram dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Tamu di Aston Banyuwangi Hotel & Conference Center

Authors

  • Choirum Nuril Muzizah Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Esa Riandy Cardias Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Eka Afrida Ermawati Politeknik Negeri Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.76840

Keywords:

Media sosial instagram, Brand awareness, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosial media instagram dan brand awareness terhadap keputusan pembelian tamu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Untuk penentuan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Pengolahan data penelitian menggunakan alat uji statistic meliputi uji instrumen data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan variabel media sosial instagram dan variabel brand awareness berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian tamu. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,751 atau 75,1%, dapat disimpulkan bahwa media sosial instagram dan brand awareness berpengaruh terhadap keputusan pembelian tamu, dimana sisanya 0,249 atau 24,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

References

Annisa, T. 2021. Pengaruh Brand Image dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Hotel Mercure Bandung City [skripsi]. Bandung: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN-Indonesia Mandiri.

Ayuni, N. S., Suardhika, I. N., & Hendrawan, I. Y. 2022. Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness dan Lokasi Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Di Swiss-Belhotel Tuban. Jurnal Pemasaran, 3 (2), 418-423.

Berutu, F. 2022. Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Tamu di Hotel Sunlake Jakarta. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 8(2), 124-133.

Dewi, R. P. 2023. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Media Komunikasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Teh Indonsia (studi pada followers instagram Es Teh Indonesia) [skripsi]. Magelang: Universitas Tidar.

Ermawati, Eka Afrida, Hanggraito, Ahmadintya Anggit, Cahyaningtyas, Inno, Yustita, Aprilia Divi. 2023. Model Pengembangan Agrowisata Berbasis Masyarakat di Desa Kluncing Banyuwangi. JMPP, 6(1), 149-157.

Iriyanti, S. 2021. Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap kepuasan tamu Di The 1O1 Hotel Malang OJ [tugas akhir]. Banyuwangi: Politeknik Negeri Banyuwangi.

Nette, A. M., & Sofiani. 2023. Analisis Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Harris Suites Fx Sudirman Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1420-1429.

Nurbaeti, & Himawan. 2022. Pengaruh Kesadaran Merek dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Membeli di Hotel 88 Grogol, Jakarta Barat. Jurnal Manajemen, 5(2), 16-21.

Siahaan, Yuliati, H. D., & Lili, A. 2016. Pengaruh Tingkat Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Victoria’s Secret (Studi Pada Konsumen Victoria’s Secret di PVJ Bandung). Jurnal Manajemen, 3(1), 497-505.

Swakanti, J., & Suparto. 2021. Pengaruh Media Sosial Instagram Dengan Keputusan Pembelian Tami di Hotel Ibis Style Bogor Raya. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 7(2), 92-102.

Published

2024-04-30