Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Make Up Room di Hotel Poliwangi Jinggo Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i1.77134Keywords:
Procedure (SOP), Make Up Room, Gap Analysis, Hotel Poliwangi JinggoAbstract
Penelitian ini dilakukan karena ditemukannya fakta bahwa proses make up room di Hotel Poliwangi Jinggo tidak efisien dan berjalan tanpa prosedur, menyebabkan kualitas pelayanan yang kurang maksimal. Sehingga dilakukan penelitian untuk dapat menghasilkan dokumen SOP make up room tertulis yang terstruktur dan terdokumentasi yang dapat digunakan sebagai pedoman oleh staff room attendant di Hotel Poliwangi Jinggo dalam memberikan pelayanan sesuai dengan harapan tamu. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif, penyusunan dokumen SOP make up room dilakukan menggunakan metode analisis kesenjangan (GAP). Harapan dari penelitian ini yaitu berupa SOP make up room secara tertulis yang sudah terverivikasi dan tervalidasi serta dapat digunakan oleh Housekeeping Department Hotel Poliwangi Jinggo dalam proses make up room.
References
Arianto, N. 2018. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 1(2): 123-134. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.856
Budihardjo, M. 2014. Panduan praktis menyusun SOP. Raih Asa Sukses.
BPS Banyuwangi, 2022. Data tamu domestik dan mancanegara yang menginap di hotel Banyuwangi Tahun 2022. Badan Pusat Statistik Banyuwangi.
Mandey, A., Towoliu, R. D., & Andih, D. C. 2016. Analisis penerapan standar operasional prosedur room section pada hotel berbintang. Jurnal Hospitality dan Pariwisata. 3(1): 01-113. https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/104
[Permen PANRB] Peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi. 2012. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 35 Tahun 2012 tentang pedoaman penyusunan standar operasional prosedur administrasi pemerintahan.
Pitana, I. G. dan Diarta, I. K. S. 2009. Pengantar ilmu pariwisata. Andi Offset.
Putri, E. D. H. dan Wicaksono, F. 2015. Peranan housekeeping dalam meningkatkan kenyamanan tamu di the Sahid Rich Yogyakarta. Khasanah Ilmu. 6(2): 46-55. https://doi.org/10.31294/khi.v6i2.488
Purnamasari. 2015. Panduan menyusun SOP (Standard Operating Procedure). Kobis (Komunitas Bisnis).
Sari, W. Della. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan room attendant terhadap kepuasan tamu Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Jurnal Ilmiah dan Poli Bisnis. 11(1), 1–12. https://doi.org/10.30630/jipb.11.1.207
Susanti, S. D. (2017). Pembuatan standard operating procedure (sop) service desk berbasis itil v3 2011 degan menggunakan analisis kesenjangan. [tugas akhir]. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Syarifta, I. 2021. Pengaruh fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan tamu di The 1O1 Hotel Malang OJ [tugas akhir]. Politeknik Negeri Banyuwangi.
Widiastini, N. M. A., & Andiani, N. D. 2017. Pengembangan prosedur operasional standar (pos) room pada mata kuliah tata graha, program studi perhotelan DIII Ganesha, di Universitas Pendidikan. 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMPP/article/view/22081/13689