STRATEGI PEMASARAN PADA FOOD AND BEVERAGE SERVICE DEPARTMENT HOTEL BANYUALIT SPA ‘N RESORT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

Authors

  • Kadek Indri Restika Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Henny Andayani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v7i2.80426

Keywords:

Strategi Pemasaran, Food and Beverage Service, Penjualan, Hotel

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisa strategi pemasaran pada lingkup food and beverage service department di Hotel Banyualit Spa ‘n Resort dengan tujuan sebagai strategi dalam meningkatkan penjualan yang dibutuhkan karyawan food and beverage service di Hotel Banyualit Spa ‘n Resort, yang nantinya mengarah pada terbentuknya kinerja yang optimal dalam melaksanakan pekerjaan mereka di operasional. Penelitian ini dilakukan di Hotel Banyualit Spa ‘n Resort selama tiga bulan dengan metode pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Responden yang digunakan dalam proses wawancara adalah executive food and beverage, staff food and beverage, serta beberapa trainee di food and beverage service department. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dibutuhkan dalam lingkup food and beverage service department di Hotel Banyualit Spa ‘n Resort antara lain adalah promosi produk, peningkatan kualitas layanan, penawaran paket khusus, dan pengembangan menu yang inovatif.

References

Arianto, B., & Sofyan, H. (2022). Peran media sosial bagi penguatan bisnis umkm. Jurnal riset bisnis dan manajemen tirtayasa (JRBMT), 6(2), 130–145.

Astriana, D. A., & Widyastuti. (2019). Kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening: pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas (studi pada pelanggan molak malik cafe kota pasuruan). Jurnal Ilmu Manajemen, 7, 1145–1153.

Bassi, A., Pramajaya, J., & Rizqi, M. (2022). Peranan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan di the excelton hotel palembang. Motivasi, 7(2), 109. https://doi.org/10.32502/mti.v7i2.5220

Ekalista, P., & Tri Hardianto, W. (2019). Strategi komunikasi pemasaran hotel kartika graha malang dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.33366/jkn.v1i1.6

Fadhilah, R. N., Sari, D. M., Kinasih, N. A., Studi, P., Manajemen, S., Hukum, F., Bangsa, U. D., Ki, J., Sarkoro, M., Nusukan, N., Surakarta, B., & Pos, K. (2023). Dampak strategi pemasaran e-commerce terhadap loyalitas konsumen. 135–141.

Fauzi, A., Ekonomi, F., Terbuka, U., Ekonomi, F., & Terbuka, U. (2022). Strategi pemasaran yang diterapkan di hotel santika kepulauan bangka belitung dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Jurnal Akutansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 36–42.

Huda, S., & Nurcahyo, J. (2015). Upaya food & baverage product dalam meningkatkan kualitas makanan di hotel grand aston yogyakarta. Khasanah Ilmu, VI(1), 45–55. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/viewFile/524/416

Ismaya, S. B., Yulianti, S., Indrajaya, T., & Supriyani, M. (2024). Pelatihan membentuk ekuitas merek dapat meningkatkan margin penjualan pada bisnis industri kopi nako di kalisari , pasar rebo rebo jakarta timur. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 14(1), 53–61.

Kabanga, M. S. (2023). Analisis penerapan bauran pemasaran 7p di hotel ima kupang. 8(1), 11–26. https://doi.org/10.32511/bisman.v2i2.56

Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran. Pearson Education Asia Pte.Ltd. dan PT Prenhallindo.

Mannan, A. (2017). Pembinaan moral dalam membentuk karakter remaja (studi kasus remaja peminum tuak di kelurahan suli kecamatan suli kabupaten luwu). Aqidah-Ta : Jurnal Ilmu Aqidah, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v3i1.3408

Melati, D. (2023). Implementasi strategi promosi di hotel mercure gatot subroto jakarta. July.

Nur, M., Achmad, H., & Abidin, A. (2024). Platform merdeka mengajar : integrasi teknologi dalam pendidikan vokasi dan pengembangan guru. 3(1), 68–82.

Permatasari, A. N. I., & Hidayat, A. M. (2023). Pengaruh social media marketing tiktok dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk camille beauty. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 350–355. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i2.250

Salam, H. I., Widodo, J., & Zulianto, M. (2019). Strategi pemasaran pada pt nuansa wisata prima nusantara tour & travel jember. Jurnal pendidikan ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 66. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10422

Septiani, R., & Nurhadi, N. (2020). Peran mediasi kepuasan pelanggan pada pengaruh e-service quality, persepsi harga, dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 10(2), 249. https://doi.org/10.12928/fokus.v10i2.2886

Seran, R. B., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Jurnal mirai management strategi pemasaran yang unik: mengoptimalkan kreativitas dalam menarik perhatian konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211.

Sutaguna, I. N. T., & Ariani, N. M. (2017). Strategi meningkatkan penjualan makanan menu ala carte pada restoran warung bali di desa wisata sangeh badung. In Udayana tourism callforpaper & seminar.

Udayana, K. D. I., & Widiastini, N. M. A. (2020). Upaya meningkatkan kebersihan area bar di food and beverage service department holiday inn resort baruna bali. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 3(2), 78–85. https://doi.org/10.23887/jmpp.v3i2.29080

Yakup, A. P. (2019). Pengaruh sektor pariwisata terhadappertumbuhan ekonomi di indonesia. Universitas airlangga.

Published

2024-08-25

Issue

Section

Articles