PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Authors

  • I Wayan Sugiata

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Abstract

Pembelajaran di dalam kelas merupakan bagian yang sangat penting dari proses pendidikan. Jika pelaksanaan pembelajaran di kelas bermutu akan menghasilkan output yang berkualitas. Guru memiliki peran yang sangat besar dalam mengorganisasikan kelas sebagai bagian dari proses pembelajaran dan siswa sebagai subyek yang sedang belajar. Kemampuan guru dalam mengemas suatu rancangan pembelajaran yang bermutu tentu diawali dari persiapan mengajar yang matang. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang diharapkan mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan kesulitan peserta didik dalam memahami materi laju reaksi. Model pembelajaran yang akan diterapkan adalah Team Game Tournament (TGT). TGT adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dua siklus. Jumlah subyek penelitian sebanyak 31 peserta didik kelas XI MIA 6 SMAN 1 Malang. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis dengan soal essay. Berdasarkan analisis data diperoleh prosentase hasil belajar afektif pada siklus I 58,94% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,06%. Hal ini menandakan penerapan model pembelajaran TGT pada materi laju reaksi dapat terlaksana dengan baik.

References

Anatri Destya, Haryono, Sulistyo Saputro.2012.Pembelajaran Kimia Dengan Metode Team Game

Tournament (TGT) Menggunanakan Media Animasi dan Kartu Ditinjau dari Memori dan Gaya

Belajar Siswa.Surakarta : JURNAL INKUIRI ISSN : 2252-7893, Vol 1, No 3, 2012 (Hal 177-182).

Tersedia pada http://eprints.uns.ac.id/1584/1/145-262-1-SM.pdf. Diakses tanggal 17 Agustus

Diah Megasari Tyasning, Haryono, Nanik Dwi Nurhayati.2012.Penerapan Model Pembelajaran TGT

(Teams Games Tournaments) Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

Materi Minyak Bumi Pada Siswa Kelas X-4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/

Surakarta: Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 1 No. 1 Tahun 2012 Program Studi Pendidikan

Kimia. Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=107546&val=4061.

Diakses tanggal 20 Agustus 2014.

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Khoirifah, Siti, Ernawati Saptaningrum, Joko Saefan.2013.Pengaruh Pendekatan Problem Solving Model

Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Modul Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis.Semarang : Seminar Nasional 2nd Lontar Physics

Forum 2013. Tersedia pada

http://prosiding.upgrismg.ac.id/index.php/lpf2013/lpf2013/paper/view/136/87. Diakses

tanggal 12 Agustus 2014

Luluk Fajri, Kus Sri Martini,Agung Nugroho C.S.,2012.Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kimia

Materi Koloid Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Dilengkapi

dengan Teka-Teki Silang Bagi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri Boyolali Pada Semester Genap

Tahun Ajaran 2011/2012.Surakarta : Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 1 No. 1 Tahun 2012.

Tersedia pada http://eprints.uns.ac.id/11435/1/1062-3379-2-PB.pdf. Diakses tanggal 17

Agustus 2014

Hamalik, O. 2005. Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur, M dan Prima. 2008. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan

Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya:

Universitas Negeri Surabaya.

Wiwit, Hermansyah Amir dan Dody Dori Putra.2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT

Dengan Dan Tanpa Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 9

Kota Bengkulu.Bengkulu: Jurnal Exacta, Vol. X No. 1 Juni 2012. Tersedia pada

http://repository.unib.ac.id/495/1/09.%20Isi%20vol%20x%202012%20-%20Wiwit%20071-

pdf. Diakses tanggal 17 Agustus 2014

Downloads

Published

2019-01-24

How to Cite

Sugiata, I. W. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78–87. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Issue

Section

Articles