PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618Abstract
Pembelajaran di dalam kelas merupakan bagian yang sangat penting dari proses pendidikan. Jika pelaksanaan pembelajaran di kelas bermutu akan menghasilkan output yang berkualitas. Guru memiliki peran yang sangat besar dalam mengorganisasikan kelas sebagai bagian dari proses pembelajaran dan siswa sebagai subyek yang sedang belajar. Kemampuan guru dalam mengemas suatu rancangan pembelajaran yang bermutu tentu diawali dari persiapan mengajar yang matang. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang diharapkan mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan kesulitan peserta didik dalam memahami materi laju reaksi. Model pembelajaran yang akan diterapkan adalah Team Game Tournament (TGT). TGT adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dua siklus. Jumlah subyek penelitian sebanyak 31 peserta didik kelas XI MIA 6 SMAN 1 Malang. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis dengan soal essay. Berdasarkan analisis data diperoleh prosentase hasil belajar afektif pada siklus I 58,94% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,06%. Hal ini menandakan penerapan model pembelajaran TGT pada materi laju reaksi dapat terlaksana dengan baik.References
Anatri Destya, Haryono, Sulistyo Saputro.2012.Pembelajaran Kimia Dengan Metode Team Game
Tournament (TGT) Menggunanakan Media Animasi dan Kartu Ditinjau dari Memori dan Gaya
Belajar Siswa.Surakarta : JURNAL INKUIRI ISSN : 2252-7893, Vol 1, No 3, 2012 (Hal 177-182).
Tersedia pada http://eprints.uns.ac.id/1584/1/145-262-1-SM.pdf. Diakses tanggal 17 Agustus
Diah Megasari Tyasning, Haryono, Nanik Dwi Nurhayati.2012.Penerapan Model Pembelajaran TGT
(Teams Games Tournaments) Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
Materi Minyak Bumi Pada Siswa Kelas X-4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/
Surakarta: Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 1 No. 1 Tahun 2012 Program Studi Pendidikan
Kimia. Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=107546&val=4061.
Diakses tanggal 20 Agustus 2014.
Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Khoirifah, Siti, Ernawati Saptaningrum, Joko Saefan.2013.Pengaruh Pendekatan Problem Solving Model
Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Modul Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis.Semarang : Seminar Nasional 2nd Lontar Physics
Forum 2013. Tersedia pada
http://prosiding.upgrismg.ac.id/index.php/lpf2013/lpf2013/paper/view/136/87. Diakses
tanggal 12 Agustus 2014
Luluk Fajri, Kus Sri Martini,Agung Nugroho C.S.,2012.Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kimia
Materi Koloid Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Dilengkapi
dengan Teka-Teki Silang Bagi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri Boyolali Pada Semester Genap
Tahun Ajaran 2011/2012.Surakarta : Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 1 No. 1 Tahun 2012.
Tersedia pada http://eprints.uns.ac.id/11435/1/1062-3379-2-PB.pdf. Diakses tanggal 17
Agustus 2014
Hamalik, O. 2005. Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nur, M dan Prima. 2008. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan
Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya:
Universitas Negeri Surabaya.
Wiwit, Hermansyah Amir dan Dody Dori Putra.2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
Dengan Dan Tanpa Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 9
Kota Bengkulu.Bengkulu: Jurnal Exacta, Vol. X No. 1 Juni 2012. Tersedia pada
http://repository.unib.ac.id/495/1/09.%20Isi%20vol%20x%202012%20-%20Wiwit%20071-
pdf. Diakses tanggal 17 Agustus 2014
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)