PELATIHAN SOAL-SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA BAGI GURU-GURU SD DI GUGUS 7 KECAMATAN BLIMBING MALANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v8i1.13097Abstract
ABSTRAK. Pelaksanaan olimpiade matematika berdampak positif pada pelaksanaan proses pembelajaran sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif karena materi yang diujikan adalah soal-soal non rutin dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk ukuran siswa SD. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memecahkan soal-soal olimpiade matematika SD. Kegiatan Pengayaan Materi Olimpiade Matematika dan Pelatihan Penyelesaian Masalah Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar Di Gugus 7 Kecamatan Blimbing Malang telah berjalan dengan baik. Rangkaian kegiatan mulai dari Sesi pertama yaitu pengayaan materi olimpiade matematika dan dilanjutkan dengan penyampaian materi pemecahan permasalahan matematika dengan bantuan media pembelajaran. Dilanjutkan dengan Sesi Kedua yaitu diskusi pemecahan masalah matematika dengan bantuan media pembelajaran dan dilanjutkan dengan presentasi oleh masing-masing kelompok. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan kemampuan guru dalam memecahkan soal-soal olimpiade semakin meningkat berdasarkan hasil diskusi dan presentasi.
Kata kunci : Olimpiade, MatematikaReferences
Depdiknas – Dit TK dan SD (2004). Olimpiade Matematika dan IPA SD Tingkat Nasional dan Asean. Jakarta: Direktorat TK dan SD
Depdiknas. Direktorat TK/SD (2005). Soal Olimpiade Matematika SD Tingkat Nasional 2005.Jakarta: Direktorat TK dan SD
Depdiknas (2006). Permendikas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standa Isi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Keeves, J.P. (1992). The IEA technical handbook. Hague : The International Association for the Evaluation of Educational Achiement (IEA)
Polya, G. (1973). How To Solve It (2nd Ed). Princeton: Princeton University Pres. Wiworo (2004). Olimpiade Matematikadan IPA Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Makalah pada Diklat Instruktur/Pengembangan Matematika SD Jenjang Lanjut di PPPG Matematika
Siegler, dkk. 2006. How Children Development. New York: Word Publishers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)