AKTIVASI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MANIPULATIF KONKRIT DI SD GUGUS V KECAMATAN KINTAMANI-BANGLI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.30266Abstract
Pengabdian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru SD Gugus V Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli dalam pemanfaatan media manipulatif konkrit sebagai sumber belajar matematika inovatif. Merujuk pada potensi dan keterbatasan yang ada, solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggemakan aktivasi sumber belajar matematika inovatif melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan pemanfaatan media manipulatif konkrit bagi guru SD kelas rendah maupun kelas tinggi di wilayah Gugus V Kecamatan Kintamani. Pendidikan dan pelatihan ini telah berhasil mengatasi masalah yang teridentifikasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan: 1) guru mengikuti kegiatan ini secara penuh dan dengan antusias yang ditunjukkan oleh persentase kehadiran peserta secara keseluruhan 94,44%; (2) hasil angket respons guru terhadap kegiatan pendidikan dan pelatihan ini termasuk kategori positif dengan persentase sebesar 81,72% serta persentase aktivitas guru dalam mengikuti kegiatan adalah 78% dengan kategori aktif; dan (3) terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari guru dalam mengidentifikasi, merancang, membuat, dan menggunakan media manipulatif konkrit dengan rata-rata skor validasi produk yang dihasilkan sebesar 3,55 dan tergolong sangat baik.
References
Almira, A. 2014. Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. (Online). Vol. VI, No. 1, http://www.Jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.d. diakses 8 Juni 2019.
Annisah, S. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah. Vol 11 No 1 Edisi Januari-Juli 2014: STAIN Jurai Siwo Metro.
Crismono, P. C. (2017). Penggunaan Media dan Sumber Belajar dari Alam Sekitar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Gammath: II(2), 72 – 77.
Kania, N. 2018. Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Vol 2 No 2 Hal 1-12.
Mustaghfiroh, S. 2020. Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Vol. 3 No. 1, hal: 141-147.
Parwati, Suryawan, & Ratih. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: RajaGrafindo.
Pusat Pengembangan Profesi Guru. 2012. Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Kemendikbud.
Suarsana, I. M., 2016. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Induktif-Deduktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Struktur Aljabar II. Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Suarsana, I M. 2017. Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Pecahan Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus V Kecamatan Kubu. Jurnal Widya Laksana Undiksha. Vol 6 No 1 Hal 52-61.
Sudiarta, I. G. P. 2019. Pembelajaran Matematika Inovatif (1 ed., Vol. 1). Paramita. http://www.penerbitparamita.com.
Sugiharti, R. E. 2013. Penggunaan Media Benda Manipulatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Operasi Hitung Bilangan. Pedagogik, I(2), 41–50.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta Sanjaya.
Sukayati dan Agus. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika.
Suryawan, I P. P. 2019. Desain Media Manipulatif Pecahan Berbasis Montessori di Gugus VI Kecamatan Baturiti. Jurnal Widya Laksana. Vol 8 no 2 Hal: 125-138.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syamsi, A. 2015. Pemanfaatan Media Aktual Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika untuk Lower Class di MI/SD. Jurnal EduMa, III(1), 17 – 31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)