PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BANJAR JAWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v4i1.9835Abstract
Pendidikan karakter diarahkan untuk membantu peserta didik mengembangkan kepribadian, sehat mental, cerdas, serta menjadi anggota masyarakat yang berguna.Pengembangan pendidikan karakter merupakan salah satu amanat kurikulum 2013. Namun, SD Negeri 1 Banjar Jawa pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 belum menerapkan kurikulum 2013 dan guru-gurunya belum memiliki pemahaman yang menandai tentang konsep pendidikan karakter. Kegiatan P2M ini bertujuan membantu guru-guru SD Negeri 1 Banjar Jawa dalam mengelola pendidikan karakter sehingga pembelajaran yang dilakukan mampu mengembangkan karakter peserta didik secara optimal.Sasaran kegiatan P2M ini adalah guru-guru dan kepala SD Negeri 1 Banjar Jawa.Metode pelaksanaan P2M adalah metode pendidikan dan latihan serta pendampingan kepada guru-guru dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran pendidikan karakter.Kegiatan P2M ini menggunakan pola kaji tindak pembelajaran Pendidikan dan pelatihan dilaksanakan tanggal 3 Mei 2014, sedangkan implementasi perangkat pembelajaran dilaksanakan tanggal 9 Mei 2014 di SD Negeri 1 Banjar Jawa. Kegiatan P2M dihadiri oleh 15 peserta dari guru SD Negeri 1 Banjar Jawa, kepala SD Negeri 1 Banjar Jawa, dan 3 orang pengawas pendidikan dasar. Hasil P2M menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman guru-guru SD Negeri 1 Banjar Jawa tentang konsep pendidikan karakter. Di samping itu, kegiatan P2M dapat meningkatakan kemampuan guru-guru SD Negeri 1 Banjar Jawa dalam; 1) mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter dari kompetensi dasar, 2) merancang perangkat pembelajaran pendidikan karakter, 3) mengimplementasikan pembelajaran pendidikan karakter, 4) merancang asesmen pendidikan karakter dan mengimplementasikan dalam penilaian karakter peserta didik. Kegiatan P2M mendapat respon positif dari guru-guru yang terlibat dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)