PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW IV TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v8i1.11850Keywords:
model pembelajaran kooperatif, jigsaw IV, hasil belajar kimiaAbstract
Penelitian ini bertujuan menyelidiki (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw IV terhadap hasil belajar kimia siswa SMA, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan (3) tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif Jigsaw IV. Untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw IV terhadap hasil belajar kimia siswa, model pembelajaran langsung digunakan sebagai kontrol. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Negara berjumlah 215 siswa dan sebagai sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dianalisis dengan statistik anakova pada taraf signifikansi 5%, sedangkan data aktivitas siswa dan tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Jigsaw IV memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw IV lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini didukung oleh aktivitas yang tinggi dan tanggapan yang positif dari siswa.
References
Dana, I W. (2011). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan STAD terhadap hasil belajar fisika dan rasa percaya diri (self esteem) pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kubu tahun pelajaran 2010/2011. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Dirga, I N. (2010). Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidemen tahun ajaran 2009/2010 ditinjau dari motivasi berprestasi. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Haetami, A & Supriadi. (2010). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Wakapendik, 6 (1), 1-11. Diakses 23 Agustus 2013, dari http://118.97.35.230.
Hayatudin. (2010). Pendidikan sebagai Kunci Utama Menghasilkan SDM yang Unggul. Diakses 14 Juli 2013, dari http://www.70-pendidikan-sebagai-kunci-utama-menghasilkan-sdm-yang-unggul.htm.
Holliday, D. C. (2002). Jigsaw IV: Using Student/Teacher Concern To Improve Jigsaw III. Journal of U.S Departement of Education.
Indrawinten, D. A. J. (2012). Pengaruh model cooperative learning Jigsaw IV terhadap pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Gianyar tahun ajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Jansoon, N., Somsook, S. & Coll, R. K. (2008). Thai undergraduate chemistry practical learning experience using the jigsaw IV method. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 31(2), 178-200.
Maden, S. (2010). The effect of jigsaw IV on the achievement of course of language teaching methods and techniques. Educational Research and Review, 5(12), 770-776.
Negara, I P. I.K. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II untuk meningkatkan interaksi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 4 Sukasada tahun pelajaran 2010/2011. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Nurman. (2009). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Diakses 26 Januari 2013, dari http://nurmanspd.wordpress.com/2009/09/06/model-pembelajaran-cooperative-learning-tipe-jigsaw/.
Permana, G. A. (2011). Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning) Jigsaw IV disertai metode eksperimen pada pembelajaran fisika di SMP. Skripsi (Tidak diterbitkan). Jember: Universitas Jember.
Sahin, A. (2010). Effects of jigsaw II technique on academic achievement and attitudes to written expression course. Educational Research and Reviews, 5(12), 777-787.
Social Psychologists. (2009). Basic jigsaw. Diakses 14 Januari 2013, dari http:// www.jigsaw.org/pdf/basics.pdf.
Sunyono. (2012). Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung. Journal Pendidikan, Jurusan PMIPA, FKIP,UNILA. Diakses dari http://sunyonoms.files.wordpress.com/.../ artikel_pmipa.
Suratno. (2011). Strategi kooperatif gabungan jigsaw IV-reciprocal teaching dalam meningkatkan hasil belajar kognitif biologi siswa SMA di Jember. Skripsi (tidak diterbitkan). Jember: Universitas Jember.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License