PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH STATISTIKA DASAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI MASALAH NYATA PADA MAHASISWA DENGAN SETTING KOOPERATIF
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v8i2.12633Keywords:
Hasil belajar, Pembelajaran Berorientasi Masalah Nyata, Setting KooperatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam perkuliahan Staitistika Dasar melalui model pembelajaran berorientasi masalah nyata pada mahasiswa dengan seting kooperatif, (2) meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan (3) mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berorientasi masalah nyata pada mahasiswa dengan setting . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap 2010/2011 dengan jumlah mahasiswa 31 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, kueisioner dan tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan metode statistika deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran yang diterapkan dapat (1) meningkatkan rata-rata hasil belajar mahasiswa dari siklus I ke siklus II dan peningkatan hasil belajar mahasiswa juga ditunjukkan dari nilai akhir yaitu 80,7 % mahasiswa mendapatkan nilai A dan B , (2) meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan (3) Mahasiswa memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran yang telah dilakukan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License