PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH STATISTIKA DASAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI MASALAH NYATA PADA MAHASISWA DENGAN SETTING KOOPERATIF

Authors

  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/wms.v8i2.12633

Keywords:

Hasil belajar, Pembelajaran Berorientasi Masalah Nyata, Setting Kooperatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam perkuliahan Staitistika Dasar melalui model pembelajaran berorientasi masalah nyata pada mahasiswa  dengan seting kooperatif, (2) meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan (3) mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berorientasi masalah nyata pada mahasiswa dengan setting . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap 2010/2011 dengan jumlah mahasiswa 31 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, kueisioner dan tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan metode statistika deskriptif . Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran yang diterapkan dapat (1) meningkatkan rata-rata hasil belajar mahasiswa dari siklus I ke siklus II dan  peningkatan hasil belajar mahasiswa juga ditunjukkan dari nilai akhir yaitu 80,7 % mahasiswa mendapatkan nilai A dan B , (2) meningkatkan motivasi belajar mahasiswa  dan (3) Mahasiswa memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran yang telah dilakukan

Downloads

Published

2017-11-25