Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Berbantuan Peta Konsep Terhadap Prestasi Belajar Fisika
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v8i2.12636Keywords:
Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (think pair share), peta konsep, dan prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perbedaan prestasi belajar fisika antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (think pair share) berbantuan peta konsep (concep-map), kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran DI (Direct Instruction); (2) perbedaan prestasi belajar fisika antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan peta konsep dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (3) perbedaan prestasi belajar fisika antara kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran DI; (4) perbedaan prestasi belajar fisika antara kelompok siswa yang belajar dengan model TPS dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran DI. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperiment dengan rancangan one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Amlapura Tahun Ajaran 2014/2015 berjumlah 140 orang. Sampel diambil dengan teknik group random sampling dengan jumlah 105 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pretasi belajar fisika siswa yang dikumpulkan dengan tes prestasi belajar fisika dalam bentuk pilihan ganda diperluas. Data dianalisis dengan menggunakan statistic dekriptif dan ANAVA yang dilanjutkan dengan statistic Tukey’s HSD pada taraf signifkansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belanjar dengan menggunakan MTPS-PK, MPTPS, dan MPDI (F = 32,140; p < 0,05) dengan kualifikasi sedang. Hasil tindak lanjut uji Tukey’s HSD, menunjukan bahwa prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan MPTPS-PK lebih baik dibandingkan MPTPS (Δµ= 0,07657; p < 0,05). Prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan MPTPS-PK lebih baik dibandingakn MPDI (Δµ= 0,22886; p < 0,05). Prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan MPTPS lebih baik dibandingkan MPDI (Δµ= 0,15229; p < 0,05).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License