EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM ZONA PROXIMUM DEPELOPMENT
DOI:
https://doi.org/10.23887/wms.v8i2.12641Keywords:
ZPD, pembelajaran matematika, prestasi belajarAbstract
Banyak pendidik mengalami kesulitan dalam memulai pembelajaran dan bagaimana membelajarkan siswa secara tepat. Sementara itu, mereka harus membelajarkan siswa agar pembelajarannya sesuai dengan 4 pilar menurut UNESCO yakni: learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together in peace and harmony. Sehubungan dengan itu, dilakukan penelitian pada Sekolah Dasar (SD) di Singaraja dalam rangka untuk melihat bagaimana keefektivan pembelajaran matematika dalam Zone Proximum Depelopment (ZPD). Keefektivan penelitian dilihat dari aktivitas belajar, prestasi belajar, dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Data dikumpulkan melalui oservasi, tes, dan kuesioner, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran matematika yang dibelajarkan dalam ZPD sangat efektif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Wahana Matematika and Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License